Begini Rasanya Menjajal Honda BR-V di Tokyo
Reporter: Tempo.co
Editor: Yosep suprayogi koran
Rabu, 28 Oktober 2015 11:34 WIB
Honda BR-V Prototype yang melakukan debut pertama kali di dunia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 Agustus lalu diuji coba di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, 27 Oktober 2015. Menurut rencana, BR-V akan dikirim ke konsumen mulai Januari 2016. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Tokyo - Senyap. Itulah pengalaman pertama ketika mencoba Honda BR-V di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Selasa, 27 Oktober 2015. Kabinnya berhasil menyaring suara yang tidak perlu.

Large Project Leader Honda BR-V Atshushi Arisaka mengatakan Honda telah melakukan banyak perbaikan terhadap produk-produk barunya, termasuk BR-V. "Salah satu yang kami lakukan pada BR-V adalah membuat kabinnya lebih senyap," katanya di sela test drive Honda BR-V di Sirkuit Twin Ring Motegi.

Kabin yang senyap ini dimaksudkan untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang.

BR-V merupakan model mobil crossover yang dibangun dari platform Honda Jazz. BR-V, yang tampil perdana di dunia (world premiere) dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus lalu, memiliki ground clearance 200 mm.

Arisaka menyebutkan Honda BR-V dikembangkan dengan konsep lebih agresif, khas kendaraan crossover. Sektor kaki-kaki di-setting lebih keras dibanding Honda Jazz.

"Dengan ground clearance yang tinggi (200 mm), ini akan membuat pengendalian BR-V lebih stabil dan tidak mudah limbung," ujarnya.

Pada saat diuji coba dengan kecepatan 70-80 kilometer per jam di tikungan tajam, Honda BR-V mudah dikendalikan. Ini berkat suspensi yang di-setting lebih keras, yang dimaksudkan untuk mengantisipasi center of gravity yang agak tinggi dan mencegah BR-V bergerak liar saat menikung.

Konstruksi kaki-kaki yang lebih rigid juga membuat mobil ini mampu menjaga kestabilan pada saat melaju kencang di jalan bebas hambatan. Meski demikian, Arisaka menyebutkan BR-V tetap menghadirkan tingkat kenyamanan maksimal bagi pengemudi dan penumpang.

Honda BR-V akan mulai delivery ke konsumen pada Januari 2016. Harga yang ditawarkan ke konsumen sebesar Rp 235-265 juta. Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan BR-V yang saat ini diuji coba di Jepang sama persis dengan Honda BR-V prototype yang dipamerkan di sejumlah kota di Indonesia.

BR-V mengusung mesin L4 DOHC i-VTEC berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 88 kW (120 PS) pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.800 rpm.

Tim Info Otomotif | Wawan Priyanto (Jepang)

#Tokyo Motor Show 2015
#Honda
#Jepang

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi