Toyota Prius Makin Prestisius
Reporter: Tempo.co
Editor: Yosep suprayogi koran
Senin, 2 November 2015 19:36 WIB
Toyota Motor Corp memperlihatkan mobil terbarunya, Toyota New Prius dalam Tokyo Motor Show di Tokyo, Jepang, 28 Oktober 2015. REUTERS
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Tokyo - Toyota rupanya serius mengembangkan Prius. Di Tokyo Motor Show 2015, raksasa otomotif ini membanggakan Prius 4th Generation, yang nampak berbeda dibanding generasi sebelumnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Toyota mulai memproduksi pionir kendaraan hybrid ini pada 1997. Pabrikan ini mengklaim, mereka berhasil memasarkan tidak kurang dari 8 juta unit di seluruh dunia hingga pertengahan tahun ini. Jadi lumrah jika mereka membuat tampilan Prius 4th generation yang istimewa.

Ada banyak ubahan serius. Pertama adalah soal tagging Prius yang dibuat baru dan lebih modern. Perubahan tagging itu juga menandai bahwa Prius 4th generation ini mengalami perubahan yang signifikan.

Ubahan lain yang signifikan adalah rangka yang menopang struktur mobil. Generasi terbaru ini dibuat sama sekali baru dengan 4 lapisan baja ringan dan kuat. Ubahan pada rangka ini juga dimaksudkan untuk memberikan standar keselamatan yang lebih tinggi bagi pengemudi.

Desain eksterior ikut diselaraskan.  Dengan garis dan lekukan yang lebih tegas, tampilan Prius dibuat lebih aerodinamis. Semua rekayasa yang diterapkan pada Prius generasi ke-4 ini membuat tingkat efisiensi penggunaaan bahan makin tinggi. Toyota mengklaim konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 40 km per liternya.

Para perancang Prius generasi ke-4 ini juga menghadirkan center of gravity yang lebih rendah, antara lain dengan menurunkan dimensi atap hingga 20 mm. Agar tercipta efisiensi yang semakin optimal, para perancang teknis Prius mereduksi bobot dan dimensi komponen Hybrid, seperti transaxle, motor elektrik, baterai serta mesin utama. Semua ubahan itu memberikan kestabilan yng lebih tinggi. Mau coba? Tunggu saja.

TIM INFO OTOMOTIF | SETO (JEPANG)

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi