Tokyo Motor Show 2015, Honda Clarity Mulai Diproduksi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Anisa Luciana pdat
Kamis, 29 Oktober 2015 15:12 WIB
Honda FCX Clarity (Dok. Honda)

TEMPO.CO, Jakarta - Honda memperkenalkan mobil berbasis hidrogen, Honda Clarity, yang merupakan generasi terbaru mobil fuel cell, yang dipamerkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2015 di Jepang.

Pengenalan mobil ramah lingkungan dengan zero emisi itu mendapat aplaus meriah dari para undangan dan awak media saat diperkenalkan pertama kali untuk dunia (world premier) di arena TMS oleh Presiden dan CEO Honda Motor, Takahiro Hachigo, Rabu, 28 Oktober 2015.

Hachigo menyebutkan Honda Clarity memiliki banyak kelebihan dibanding mobil serupa yang dikembangkan kompetitornya. Bahkan, mobil sedan yang digadang-gadang sebagai mobil masa depan itu antara lain memiliki jangkauan jelajah yang lebih jauh.

Ruang dalam mobil jenis ini juga lebih lapang dan bukan lagi sebagai mobil konsep. Mobil tersebut sudah mulai diproduksi massal dan rencanaya akan dipasarkan pertama kali di Jepang pada Maret 2016 mendatang menyusul pasar Eropa dan Amerika.

“Mobil ini bisa mempunyai daya jelajah hingga 700 kilometer dengan sekali isi tangki bahan bakar, waktu pengisian pun hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit, sebuah sensasi seperti layaknya mobil umumnya. Istimewanya lagi pengisian itu bisa dari sebuah stasiun pengisian portable the power exporter 9000 atau bisa diisi di stasiun-stasiun pengisian smart hydrogen station yang kini sedang dikembangkan”, ujar Hachigo sambil memperagakan secara simbolis cara kerja perangkat portable itu saat pengisian bahan bakar di atas panggung.

Menurut Higuchi, keberhasilan Honda dalam menjadikan mobil konsep fuel cell ini menjadi mobil yang bisa digunakan sehari-hari tidak lepas dari upaya terus menerus yang dilakukan sejak akhir 1980-an sampai tahun 2002 dengan diperkenalkannya fuel cell Honda FCX, dan sejak 2008 FCX Clarity sudah mulai diperkenalkan untuk digunakan di Jepang dan Amerika.

Adapun generasi paling mutakhir yang diperkenalkan sekarang adalah all New Honda Clarity yang akan benar-benar bisa dinikmati oleh masyarakat Jepang dan Amerika serta Eropa mulai 2016 mendatang. “Kami percaya sedan Clarity ini akan menjadi ‘benchmark’ baru bagi kendaraan fuel cell masa kini dan masa mendatang”, ujarnya.

Selain memperkenalkan Clarity, stand Honda dalam pameran ini juga menyuguhkan beragam mobil konsep dan mobil yang akan diproduksi dari berbagai model terbaru.

Dalam ranah mobil sport ada All New NSX yang ditampilkan sebagai supercar generasi baru, Honda juga menampilkan untuk pertama kali di Jepang dari All New Civic Type R serta Odyssey Hybrid yang dilengkapi dengan kecanggihan sistem Sport-Hybrid-iMMD (Intelligent Multi-Mode Drive).

ANTARA

Topik Terhangat: Bom di Mal Alam Sutera

#Tokyo Motor Show 2015
#Honda
#Jepang

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi