Tokyo Motor Show: 4 Mobil Konsep Toyota Ada yang Mirip Bajaj
Reporter: Tempo.co
Editor: Elik Susanto
Jumat, 30 Oktober 2015 08:32 WIB
Toyota Motor Corp memperkenalkan mobil konsep terbarunya, Toyota KIKAI dalam Tokyo Motor Show di Tokyo, Jepang, 28 Oktober 2015. KIKAI merupakan paduan antara kendaraan offroad buggy dan gaya mobil khas hot rod dari Amerika Serikat. REUTERS

TEMPO.CO, Tokyo - Pada pembukaan Tokyo Motor Show 2015 Rabu, 28 Oktober 2015 lalu, Toyota memamerkan empat mobil konsep terbarunya. Seperti yang dilansir News.com.au, mobil-mobil tersebut adalah Toyota C-HR, Toyota S-FR, Toyota FCV Plus, dan Toyota Kikai.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Toyota Kikai yang baru pertama kali dipamerkan. Kikai memiliki dimensinya panjang 3,4 m, lebar 1,8 m, dan tinggi 1,55 m. Bodi dirancang di atas wheelbase sepanjang 2,45 m. Sumber tenaga berasal dari sistem hibrida, mesin konvensional diletakan di belakang.

Dinamakan Kikai, konsep ini dimaksudkan untuk mendorong orang menghargai keindahan mesin dan gairah di belakang pembuatan mobil ini. Berbentuk layaknya bajaj, Kikai memiliki tiga kursi, yakni di depan untuk supir, serta dua kursi penumpang di belakangnya.

"Sebagian besar kendaraan menyembunyikan keindahan di bawah lembaran logam halus. Konsep ini mendorong kita untuk menghargai keindahan kompleks aspek mekanik mobil. Lebih luas lagi, itu mengingatkan kita pada daya tarik fisik dan taktil dalam era digital," kata juru bicara Toyota.

Bagian bawah mobil yang transparan sehingga semua orang di dalam mobil bisa melihat knalpot dan dasar-dasar dari mobil. Juga termasuk mesin, tangki bahan bakar dan bahkan suspensi.

Selain itu, pengenalan Toyota menarik lainnya adalah mobil sport S-FR, yang sementara masih berupa konsep. Mobil konsep ini menggunakan transmisi manual 6 percepatan.

Mobil ini hadir sebagai mobil yang kecil dengan mesin depan serta berpenggerak roda belakang, yang bisa dibilang sebagai versi kecil dari Toyota 86 dengan dimensi 3.990 mm x 1.695 mm x 1.320 mm (P x L x T) dan wheelbase yang stabil berukuran 2480 mm.

Berikutnya ada Toyota C-HR Concept (five-door model) memiliki dimensi panjang 4.350 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.500 mm dan wheelbase 2.640 mm.

C-HR dirancang ramah lingkungan dengan thermal efficiency hingga 40 persen, dengan sistem hybrid lebih efisien karena motor dan baterai yang lebih kecil dan ringan.

Terakhir ada Toyota FCV Plus, merupakan mobil masa depan mengadopsi bentuk futuristik dan didukung oleh 4 roda motor berbahan bakar hidrogen. FCV adalah mobil konsep kecil karena hanya berdimensi 3.800 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.540 mm dengan wheelbase 3.000 mm.

NEWS.COM.AU | YON DEMA

#Tokyo Motor Show 2015

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi