Michelin Pilot Sport 4 Incar Pasar Sedan
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Senin, 16 Januari 2017 10:00 WIB
Ban Michelin Pilot Sport 4 untuk ilustrasi semir ban. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Bandung - Segmen sedan menengah atau 1.500 cc ke atas menjadi target penjualan ban Michelin Pilot Sport 4. Passenger Car and Two Wheel Commercial Director PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar, mengatakan konsumen sedan kelas menengah ke atas umumnya memilih ban dengan berbagai pertimbangan. Mulai dari teknologi, fungsionalitas, kenyamanan, dan tentunya keselamatan.

"Segmen ini sudah mulai memilih ban dengan lebih detail," kata Bayu di sela-sela peluncuran ban Michelin Pilot 4 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 14 Januari 2017.

Pasar terbesar dari ban ini, lanjut Bayu, ada pada segmen sedan dan hatchback (sedan punggung rata) dengan mesin 1.500 cc ke atas. Karena populasi sedan dan hatchback di kelas ini cukup tinggi di Indonesia.

Baca : Giliran Renault Dibidik Skandal Emisi

Menurut Bayu, pasar segmen sedan di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam lima tahun terakhir. Menurut data yang dilansir oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pertumbuhan jumlah kendaraan jenis sedan 1.500 cc ke atas mengalami peningkatan rata-rata 22 persen setiap tahun atau sekitar 85 persen sejak 2011, dari hanya sekitar 3,5 juta menjadi sekitar 6,5 juta kendaraaan di 2015.

"Pertumbuhan jumlah sedan kelas menengah dan hatchback ini sangat menjanjikan," ujarnya.

Marketing Director Michelin Indonesia, PutuYudha, menambahkan ban Michelin Pilot Sport 4 merupakan ban dengan performa tinggi yang didesain untuk digunakan sehari-hari. Ban ini dibekali teknologi canggih yang juga digunakan pada ban mobil balap Formula E. Ban yang tersedia mulai dari ring 16 hingga 19 ini menawarkan daya cekeram kuat di kondisi jalan kering dan basah untuk meningkatkan keamanan berkendara.

Baca : Begini Hebatnya All New Honda Civic Type-R Prototype

"Grip atau tapak ban Michelin Pilot Sport 4 ini sama persis dengan tapak ban pada mobil balap Formula E. Teknologi yang digunakan juga sama," katanya.

Michelin Pilot Sport 4 dilengkapi dengan teknologi Dynamic Response yang merupakan kombinasi antara serat aramid dan nilon yang mampu menjaga kontrol kemudi lebih optimal ke permukaan jalan. Ban ini memiliki desain pola tapak ultra reaktif yang diadaptasi dari desain pola tapak ban yang digunakan di kejuaraan balap.

Hasilnya, ban memiliki kemampuan untuk memberikan daya cengkeram yang maksimal dengan menyesuaikan kondisi jalan secara konstan. “Daya cengkeram terhadap permukaan jalan yang kuat membuat jarak pengereman di jalan basah lebih pendek 6,6 meter dibandingkan dengan merk lain," ungkap Putu.

Baca : Michelin Pilot Sport 4 Gunakan Teknologi Ban Formula E

Putu mengatakan Pilot Sport 4 juga diilengkapi dengan kemampuan handling yang baik terutama ketika digunakan untuk bermanuver secara ekstrim sekalipun. Michelin mengklaim, kemampuan yang dimiliki Pilot Sport 4 ini membuatnya cocok untuk berkendara secara aman dan nyaman.

Meski menggunakan teknologi yang sama dengan ban di mobil balap Formula E, lanjut Putu, Pilot Sport 4 tidak direkomendasikan untuk digunakan pada ajang balap profesional. "Karena ban ini memang dirancang untuk digunakan dalam berkendara sehari-hari," tuturnya.

Michelin Pilot Sport 4 ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 1,3 juta.

WAWAN PRIYANTO

#Industri Ban
#Gaikindo

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi