Mesin Suzuki Ertiga Dikabarkan Akan Naik Kapasitas Jadi 1,5 Liter
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 14 April 2018 21:56 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki Ertiga baru dikabarkan akan mendapatkan sumber tenaga yang lebih mumpuni yaitu mesin berkapasitas 1,5 liter. Mesin baru memiliki kapasitas lebih besar 100cc dibandingkan mesin lama yaitu mesin K14B DOHC empat silinder berkapasitas 1.400cc dengan Variable Valve Timing (VVT). Mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga 95 PS pada 6.000 Rpm.

Salah satu mesin Suzuki yang berkapasitas 1.500cc adalah milik Suzuki S-Cross SX4. Mesin ini berkode M15A, dengan kapasitas murni 1.491 cc 4 silinder yang mampu menyemburkan tenaga 109 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Mesin M15A ini menggunakan bahan aluminimum yang dapat menghasilkan torsi merata pada saat putaran mesin rendah. Suzuki mengklaim performa mesin prima dan irit bahan bakar.

Baca: Simak Perubahan pada Sosok New Suzuki Ertiga 2018

Suzuki S-Cross yang mengaspal di Indonesia menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan dengan paddle shift. Kedua pilihan transmisi ini diklaim mampu memberikan tingkat efisiensi bahan bakar yang baik. Transmisi manual mampu memberikan keiritan hingga 14,8 kilometer per liter dan transmisi otomatis dengan keiritan 14,4 kilometer per liter.

Opsi kedua, Suzuki melakukan bore up pada mesin K14B. Mesin lama ini cukup handal karena banyak digunakan pada beberapa jenis mobil Suzuki. Tentu soal efisiensi dan konsumsi bahan bakar sudah teruji saat dipasangkan dengan Suzuki Ertiga versi lama. Peningkatan kapasitas ini diduga meningkatnya dimensi Ertiga baru.

Baca: Harga Suzuki Ertiga Terbaru Tipe Termahal Rp 240 Juta

Suzuki memang tidak tanggung-tanggung karena kompetitor telah menggunakan mesin 1,5 liter seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Saatnya menunggu seperti apa performa mesin baru Suzuki Ertiga.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi