Apple Gaet Volkswagen Kembangkan Mobil Otonom
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 27 Mei 2018 13:54 WIB
Apple telah bermitra dengan Volkswagen untuk mengembangkan kendaraan otonom menggunakan basis van T6 Transporter
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaNYTimes melaporkan bahwa Apple telah bermitra dengan pembuat mobil asal Jerman, Volkswagen, untuk mengembangkan kendaraan otonom menggunakan basis van T6 Transporter.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Laporan itu menyatakan proyek mobil self-driving Apple berjalan untuk melanjutkan proyek lamanya dan bagian dari pengurangan jumlah karyawan. Dua tahun lalu, ada sekitar 1.000 karyawan yang mengerjakan proyek ini, tapi jumlahnya telah berkurang karena berbagai alasan.

Baca: Tarif Impor Dipangkas, Harga Mobil Tesla dan Audi di Cina Turun

Dengan kemitraan ini, Apple mungkin akan menambahkan perangkat lunaknya di van dan menggunakan kendaraan sebagai angkutan karyawan di kampus Cupertino. Selama tahap awal, Apple mencari penyedia sasis dan roda untuk pengembangan kendaraan otonom baru.

Namun pada tahap berikutnya raksasa teknologi itu mencari mobil yang sepenuhnya sudah dalam bentuk jadi sehingga perusahaan dengan mudah mengatur ulang sensornya untuk menggunakan perangkat lunak custom. Sebelumnya, dilaporkan bahwa Apple telah membeli dua Lexus SUV pada 2015 dan memasang sensornya.

Pada 2016, Apple mendapatkan izin untuk menguji kendaraan otonom di California. Izin itu juga memberi kuasa bagi Apple untuk menjajal armada 55 unit sport utility vehicle. Namun Lexus bukan mitra resmi proyek itu. Jadi Apple mendekati beberapa perusahaan, seperti BMW, Mercedes-Benz, Nissan, dan McLaren. Namun Apple gagal mencapai kesepakatan.

Baca: Mengintip Kecanggihan Kabin Mobil Sport Honda NSX

Sekarang, Apple telah bermitra dengan Volkswagen setelah skandal diesel gate dan pembuat mobil Jerman juga tertinggal dalam pengembangan kendaraan otonom. Laporan menyatakan laboratorium dekat Turin, Italia, yang dijalankan anak perusahaan Volkswagen, Italdesign, akan digunakan untuk mengubah mobil T6 menjadi mobil otonom listrik.

DRIVESPARK

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi