Hitung-hitungan Peluang Sean Gelael untuk Menjadi Juara FIA WEC 2021
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 5 November 2021 09:53 WIB
Sean Gelael. (JOTA)

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Tanah Air Sean Gelael saat ini berpeluang besar merengkuh gelar juara FIA World Endurance Championship (WEC) 2021. Lalu bagaimana hitung-hitungannya agar pembalap JOTA #28 asal Indonesia itu bisa keluar sebagai juara musim ini?

Bersama Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist, Sean Gelael saat ini menempati di peringkat kedua klasemen sementara FIA WEC 2021 dengan koleksi 108 poin. Mereka hanya terpaut lima angka dari daftar puncak, yakni Charles Milesi, Ferdinand Habsburg, dan Robin Frijns (Team WRT).

Dengan jumlah selisih poin yang sedikit itu, Sean diharapkan bisa berada di podium pada seri balapan terakhir di 8 Hours of Bahrain, Sabtu, 6 November 2021. Melihat dua balapan terakhir, peluang kemenangan ini pun bisa didapatkan Sean, Stoffel dan Tom.

Sekedar mengingatkan kembali, tim JOTA #28 berhasil masuk podium dalam dua seri balapan terakhir di FIA WEC 2021. Mereka mampu menempati peringkat kedua secara berturut-turut di 8 Hours Le Mans, Prancis, dan seri pertama 8 Hours of Bahrain.

Apabila Sean, Stoffel dan Tom mampu melanjutkan tren positifnya pada sisa balapan musim ini, maka mereka bakal keluar sebagai juara musim ini. Terlebih jika JOTA #28 mampu memenangkan balapan 8 Hours of Bahrain nanti, maka dapat dipastikan Sean dkk. menjadi juara musim ini.

Jika Sean hanya bisa menempati urutan kedua pada balapan akhir nanti, peluangnya tetap terbuka. Namun dirinya harus berharap pesaingnya di Team WRT menyelesaikan balapan di luar podium.  

Selain itu, Sean dkk. juga tidak boleh membiarkan JOTA #38 menorehkan 1 poin dari pole position atau menempati urutan di posisi tiga ke bawah dalam balapan. Jika skema ini berjalan lancar, maka JOTA #28 dipastikan sebagai juara FIA WEC 2021.

Andai Sean hanya bisa finis di posisi tiga dan sukses meraup 1 poin di pole position, maka ia harus berharap Team WRT hanya bisa finis di peringkat ke-4 atau lebih buruk. Sean, Stoffel dan Tom pun juga harus mengharapkan JOTA #38 tak memenangkan balapan.

Sejumlah skema di atas bisa menjadikan Sean Gelael dkk. keluar sebagai juara FIA WEC 2021. Pembalap Tanah Air itu pun diketahui bakal berjuang habis-habisan untuk memainkan seri balapan terkahir akhir pekan ini.

Baca: Berpeluang Juara FIA WEC 2021, Sean Gelael: Saatnya Habis-habisan

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

#Sean Gelael
#FIA WEC
#JOTA
#Stoffel Vandoorne
#Tom Blomqvist

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi