Mobil Listrik BMW iX Meluncur di India, Harganya Rp 2,2 Miliar
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 20 Januari 2022 16:43 WIB
BMW iX. (Foto: BMW)

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil listrik BMW iX resmi diluncurkan untuk pasar India dengan harga sebesar 11,6 juta rupee atau sekitar Rp 2,2 miliar. SUV bertenaga baterai ini diklaim bisa menempuh jarak maksimal 425 kilometer berkat penggunaan baterai lithium-ion ganda.

Dilansir dari laman Hindustan Times hari ini, Kamis, 20 Januari 2022, BMW iX dapat menggunakan pengisian daya cepat AC dan DC. Pengisian cepat 150 kW DC mampu mengisi daya hingga 80 persen dalam waktu 31 menit dengan jangkauan 95 km.

Sementara pengisian 50 kW DC dapat mengisi hingga 80 persen dalam waktu 73 menit. Sedangkan untuk pengisian daya AC dari kosong hingga penuh memakan waktu tujuh jam.

Bicara tampilan, BMW iX menampilkan lampu utama LED dual-beam dengan DRL terintegrasi. Kisi-kisi grillenya cukup besar, dan kap mesinnya menggunakan desain 3D, serta bumper depan dengan lekukan yang tegas.

Dari sisi samping, mobil listrik ini memiliki velg sporty berukuran besar, lengkungan roda berbentuk persegi panjang, jendela tanpa frame, serta handle pintu yang menyatu dengan bodi. Bagian belakangnya dibekali lampu LED dengan desain yang ramping dan memanjang secara horizontal.

Masuk ke bagian kabin, BMW iX hadir dengan desain interior yang minimalis dengan berfokus pada kenyamanan pengemudi dan penumpang. Layar infotainment-nya hadir dengan kaca melengkung berukuran 9 inci dan diposisikan menghadap pengemudi, serta cluster instrumen digital berukuran 12,3 inci.

Kemudian untuk roda kemudinya mengusung desain heksagonal yang terinspirasi dari setir mobil balap. Terdapat pula sunroof, jok dengan fitur pijat yang dilapisi kulit, pencahayaan ambient, hingga sistem audio surround Harman Kardon 18-speaker. Kapasitas penyimpanan bagasinya mencapai 1.750 liter.

SUV listrik ini sudah dibekali teknologi eDrive untuk memastikan keempat rodanya mendapatkan daya dari motor listrik ganda yang dipasang di setiap poros. Motor listrik ini ditenagai dua baterai lithium-ion berkapasitas 76,6 kWh.

Secara performa, BMW iX mampu menghasilkan tenaga hingga 326 HP dan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dapat dituntaskan dalam waktu 6,1 detik. Terdapat tiga mode berkendara pada BMW iX ini, yakni Personal, Sport, dan Efficient.

Meskipun bertenaga listrik, BMW iX ini masih tetap menghasilkan suara mobil lewat teknologi IconicSounds Electric. Sehingga suara mobil listrik ini tidak benar-benar senyap.

BMW iX sendiri dijadwalkan meluncur di Indonesia tahun ini. Secara keseluruhan akan ada tiga mobil listrik baru yang akan diluncurkan BMW Group Indonesia di bawah merek BMW dan MINI, yakni BMW i4, BMW iX, dan MINI Electric.

Kabarnya, untuk MINI Electric akan dirilis pada kuartal pertama 2022, namun untuk dua mobil listrik BMW belum diketahui waktu peluncurannya.

Elektrifikasi bukan menjadi sesuatu untuk BMW di Indonesia. Produsen asal Jerman ini mengawali kiprahnya di pasar mobil listrik Tanah Air sejak 2014. Saat ini sudah ada beberapa mobil listrik BMW yang dipasarkan di Indonesia, antara lain BMW i3s, X5 Plug-in Hybrid, dan hingga BMW i8.

Baca: Ford Recall 200 Ribu Unit Akibat Lampu Rem Belakang Bermasalah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES

#BMW iX
#Mobil Listrik
#India
#BMW
#SUV Listrik

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi