Harga Pertamax Naik, Ini Tips Agar Mobil Tidak Boros Bensin
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 7 April 2022 12:00 WIB
Ilustrasi kabin mobil. (Auto2000)

GOOTO.COM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) secara resmi menaikkan harga Pertamax pada Jumat, 1 April 2022. Saat ini pengguna bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax harus merogoh kocek Rp 12.500 per liter.

Kondisi ini membuat sebagian pihak memilih untuk beralih ke Pertalite. Salah satu solusi lainnya juga bisa dilakukan dengan cara mengubah gaya berkendara dan perawatan. Hal ini dianggap bisa membuat bahan bakar mobil tidak boros.

Dalam kesempatan ini, redaksi Gooto.com mencoba untuk merangkum tips berkendara agar mobil tidak boros. Berikut ulasannya seperti dikutip dari situs resmi Auto2000:

  1. Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Tips pertama yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah mengganti oli mesin secara rutin dan berkala. Apabila Anda membiarkan mesin bekerja dengan oli lama, maka performa mobil menjadi tidak maksimal. Hal ini juga berdampak pada konsumsi bahan bakar akibat pelumasan tak maksimal.

  1. Angin Ban Cukup

Selain memengaruhi keselamatan berkendara, ban yang kurang angin nyatanya juga berdampak pada borosnya penggunaan bensin. Pasalnya, tapak yang bersinggungan dengan permukaan aspal menjadi lebih besar, sehingga mesin bekerja lebih berat. Ketika mesin bekerja lebih keras, maka butuh asupan bahan bakar yang lebih banyak.

  1. Mengemudi Tidak Agresif

Gaya berkendara juga diketahui bisa membuat kendaraan Anda lebih boros dari biasanya. Mengingat, memacu mobil hingga rpm tinggi, melakukan pengereman secara mendadak dan manuver agresif, membutuhkan suplai bahan bakar lebih banyak. Maka dari itu tips berkendaran agar tidak boros bensin adalah mengemudi secara santai dan tenang.

  1. Gunakan BBM yang Sesuai

Tips keempat, pengendara disarankan untuk menggunakan BBM yang sesuai dengan anjuran pabrikan. Karena setiap kendaraan memiliki rekomendasi konsumsi oktan yang berbeda-beda. Dengan menggunakan BBM yang direkomendasikan, maka pembakaran pada mesin bakal optimal dan lebih efisien dalam hal konsumsi bensin.

  1. Jangan Lupa Rem Tangan

Tips agar mobil tidak boros terakhir adalah jangan melupakan rem tangan. Bagi pengendara mobil matik, mungkin ada kemungkinan lupa menurunkan tuas rem tangan. Apabila hal ini terjadi, maka mesin bakal bekerja ekstra dan lebih boros.

Baca: Hadir di IIMS 2022, Intip Spesifikasi SUV Premium Chery Omoda 5

AUTO2000

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Tips
#harga pertamax naik
#Harga Pertamax
#Mobil
#Bensin
#boros

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi