Tips Mencegah Suara Kasar di Ruang Mesin
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 29 November 2022 15:00 WIB
Bengkel Auto2000 memberikan layanan prima kepada pelanggan. Dok Auto2000

GOOTO.COM, JakartaMesin adalah komponen penting dalam sebuah mobil, yang bertugas menggerakan tenaga ke roda. Maka dari itu, pemilik mobil dipastikan harus melakukan sejumlah perawatan ekstra secara berkala demi terhindari dari masalah mesin.

Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa mesin mobil Anda sedang bermasalah adalah suara kasar dari ruang mesin. Kondisi tersebut bisa saja terjadi apabila mesin mobil Anda sedang dalam kondisi kurang baik.

Maka dari itu, ada baiknya pemilik mobil langsung bergerak ke bengkel resmi terdekat untuk memperbaikinya. Kini redaksi Gooto.com mencoba utuk merangkum tips mencegah suara kasar di ruang mesin, dilansir dari Auto2000:

Cek Oli Mesin

Tips pertama yang harus dilakukan oleh para pemilik mobil adalah mengecek kondisi oli mesin. Pastikan jika Anda melakukan pergantian oli secara berkala, dan jumlah oli mesinnya tidak boleh kurang dari takaran normal.

Oli mesin yang kurang nantinya dapat mengakibatkan komponen mesin bermasalah akibat tidak terlumasi dengan optimal. Jika dibiarkan, maka mobil Anda bakal berisiko turun mesin karena komponen bergesekan semakin cepat aus dan macet.

Ganti Sabuk Pemutar

Selanjutnya para pemilik kendaraan diminta untuk melakukan penggantian sabuk pemutar yang ada di dalam komponen mesin. Penggantian itu wajib dilakukan secara berkala agar tidak mudah putus.

Untuk mengetahui, sabuk pemutar ini bertugas untuk memindahkan tenaga mesin. Namun lama-lama komponen tersebut bisa aus dan rentan putus apabila tidak dilakukan pernggantian secara rutin.

Jangan Biarkan Oli Kompresor AC Kering

Terakhir, tips yang wajib dilakukan adalah memastikan oli kompresor AC tidak sampai kering, Jika hal tersebut terjadi maka komponen mobil tersebut bisa jebol. Maka dari itu lakukanlah pergantian dalam waktu berkala. Jika oli kompresor sudah mulai habis, maka mesin berpotensi menimbulkan suara kasar.

Baca juga: Pemkot Ambon Masih Hitung Anggaran Kendaraan Dinas Listrik

AUTO2000

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Tips
#Suara
#Mesin
#Mobil
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi