Aerodinamika Penting untuk Truk, Ini Cara Mengoptimalkannya
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 25 Januari 2023 05:47 WIB
Resistensi aerodinamis berdampak besar pada efisiensi bahan bakar truk, terutama saat melaju dengan kecepatan melebihi 50 km/jam. (Foto: Volvo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Hambatan aerodinamika berdampak besar pada efisiensi bahan bakar truk, terutama saat melaju dengan kecepatan melebihi 50 km per jam. Kunci untuk mengurangi dampak ini dan menurunkan biaya bahan bakar adalah memahami cara kerja aerodinamika truk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemajuan dalam simulasi virtual telah membuka kemungkinan baru untuk memvisualisasikan dan menganalisis perilaku aliran udara dan aerodinamika truk. Parameter simulasi dapat dengan mudah disesuaikan dan dijalankan berulang kali dalam waktu singkat. Hal ini telah mempercepat proses verifikasi dan lead time untuk peningkatan aerodinamika kendaraan yang dijual.

“Ini adalah bidang yang bergerak cepat dan terus berkembang. Anda sekarang dapat masuk ke detail apa pun yang Anda inginkan di truk untuk mendapatkan pengetahuan tentang aliran udara, dan meningkatkan kinerja aerodinamis,” kata Mattias Hejdesten, Engineering Specialist Aerodynamics, Volvo Trucks dalam keterangan resminya. 

Pembaruan terhadap undang-undang bobot dan dimensi untuk truk di kawasan Eropa, menghapus batasan panjang total 16,5 meter, juga memungkinkan lebih banyak kebebasan dalam hal pengoptimalan bentuk aerodinamika di eksterior truk.

Truk listrik Volvo sangat memerhatikan aerodinamika, karena berpengaruh besar terhadap penggunaan energi dan jarak tempuh. (Foto: Volvo Trucks)

“Semua ini telah mengubah cara pabrikan truk lebih memerhatikan aerodinamika, dan bisnis truk dapat mengharapkan lebih banyak perubahan desain di masa depan,” kata Mattias Hejdesten.

Lebih jauh lagi, aerodinamika tidak lagi hanya tentang mengurangi konsumsi bahan bakar. Ini tentang meningkatkan efisiensi energi, terlepas dari jenis bahan bakar yang digunakan truk, untuk mengurangi dampak lingkungan.

Aerodinamika yang ditingkatkan sangat penting untuk truk listrik baterai, yang memiliki keterbatasan energi untuk jarak tempuh. Membuat pilihan yang tepat tentang bentuknya, dan mempertimbangkan desain aerodinamis truk Anda sesuai dengan supplier, merupakan salah satu cara terpenting untuk mengoptimalkan rute dan meningkatkan jangkauan.

“Saat kita melihat ke masa depan, sangat penting bahwa truk seefisien mungkin dengan energi dan kemajuan dalam aerodinamika akan berperan besar,” kata Anders Tenstam.

Berikut ini 6 cara untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dengan mengoptimalkan aerodinamika truk:

  1. Pastikan deflektor atap berada pada ketinggian yang tepat untuk konfigurasi trailer Anda.
  2. Pertimbangkan untuk menambahkan deflektor sisi kabin untuk mengurangi tarikan aerodinamis.
  3. Jika memungkinkan, sesuaikan deflektor atap agar sesuai dengan beban yang Anda bawa.
  4. Saat resistensi aerodinamis meningkat dengan kecepatan, pertimbangkan untuk mengurangi kecepatan rata-rata truk Anda jika memungkinkan.
  5. Pertimbangkan perlengkapan aerodinamis lain yang dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar, seperti spoiler bumper, chassis skirts, dan fender flare.
  6. Hindari aksesori truk, seperti besi palang, klakson udara, dan lampu ekstra karena akan meningkatkan hambatan aerodinamis.

Ketika sebuah truk membelah udara, bertemu dengan hambatan aerodinamika yang signifikan – gaya yang diberikan oleh udara. Sementara hambatan udara terjadi pada setiap kecepatan kendaraan, hubungannya dengan kecepatan tidak proporsional. Jadi, saat kecepatan berlipat ganda, hambatan udara meningkat empat kali lipat. Jika kecepatan tiga kali lipat, resistensi meningkat sembilan kali, dan seterusnya.

Ini memiliki efek dramatis pada efisiensi energi truk heavy duty, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi di jalan raya. Faktanya, hambatan udara dapat menyebabkan sepertiga dari kehilangan bahan bakar saat operasional mesin diesel jarak jauh. Untuk truk listrik bertenaga baterai, kehilangan energi bisa mencapai 50 persen. Oleh karena itu, aerodinamika truk berpengaruh langsung pada efisiensi bahan bakar dan ujung-ujungnya, dampak lingkungan. 

Baca juga: All New Hyundai Kona Meluncur Maret, Simak Spesifikasinya!

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi