Hasil F1 Arab Saudi 2023: Pembalap Red Bull Racing Sabet Podium 1-2
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 20 Maret 2023 08:28 WIB
Podium kemenangan diraih Sergio Perez di F1 Arab Saudi 2023. Posisi dua ditempat Max Verstappen dan posisi tiga diperoleh Fernando Alonso. (Foto: Red Bull COntent Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDua pembalap Red Bull Racing yakni Sergio Perez dan Max Verstappen berhasil amankan podium 1-2 F1 Arab Saudi 2023, Minggu malam 19 Maret. Sergio Perez mampu bertahan di posisi terdepan, meski pole position yang diraihnya sempat lepas disabet pembalap Aston Martin Aramco Fernando Alonso di tikungan pertama Jeddah Corniche Circuit. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Posisi tiga di garis finis adalah Alonso yang alami drama re-take hasil podium dari George Russell. Berkat pengajuan keberatan ke pihak penyelenggara F1, akhirnya pembalap senior asal Spanyol ini berhak atas podium ke-100 sepanjang karir di F1.

“Ternyata lebih sulit dari yang diduga. Safety car sempat keluar untuk mengambil kemenangan dari kita lagi di Jeddah,” ujar Sergio Perez.

Sergio Perez di podium kemenangan F1 Arab Saudi 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)

Berkomentar perihal kemenangan yang diraihnya, Sergio Perez mengatakan, “Tim melakukan tugas yang fantastis. Mereka bekerja keras dan senang atas yang diberikan. Kita akan terus berusaha keras dan kita amsih menjadi mobil yang kencang di sana.”

Beberapa kali memang RB23 bernomor #11 bubuhkan waktu tercepat sepanjang balapan. Namun Max Verstappen yang start dari posisi 15 dan finis posisi dua memberikan seluruh kemampuannya pada lap terakhir ke-50 di Jeddah Corniche Circuit. Mobil bernomor #1 tersebut  catatkan 1:31,906 detik. Sehingga berhak mendapatkan 1 poin tambahan di klasemen.

“Ketika awal balapan melalui sektor satu hanya untuk mengikuti pembalap lain, itu sangatlah sulit, cengkeraman ban sangat minim. Harus menunggu kondisi lintasan memungkinkan untuk menyalip satu per satu,” sahut Max Verstappen. 

Max Verstappen mengakui mendapat pertolongan masuknya safety car, sehingga bisa memperpendek jarak dengan pembalap lain. Posisi dua di podium memang sudah diprediksi pembalap andalan tim Red Bull Racing ini, “Akan lain ceritanya bila start dari posisi 1 pasti hasilnya sangat jauh.”

“Saat kita sudah mendapat ritme balapan dan senang dengan raihan podium kali ini. Saya mencoba lebih kencang di lap akhir dan beruntung bisa berhasil,” ujar pembalap asal Belanda ini.

Max Verstappen di F1 Arab Saudi 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)

Ketika balapan, Max Verstappen sempat mengalami getaran saat mobil melesat di kecepatan tinggi. “Saya merasa mobil tidak stabil lajunya. Sehingga berpikir untuk tetap mempertahankan posisi dua, apalagi mengkalkulasikan jarak dengan Sergio Perez tak memungkinkan terkejar hingga akhir balapan,” kata Verstappen.

Menghadapi seri berikutnya di Australia pada 2 April mendatang, Max Verstappen mengatakan sebagai tim harus memastikan kedua mobil punya daya tahan. Apalagi mobilnya sangat kencang dan pastinya bisa melakukan yang terbaik lagi. “Saya ingin pekan balapan yang tanpa kendala di Melbourne untuk memaksimalkan apa yang kita bisa,” tegasnya.

Di klasemen perebutan titel Pembalap Juara Dunia F1 2023, Max Verstappen masih memimpin kumpulkan 44 poin, sedangkan Sergio Perez di posisi dua terpaut tipis 1 poin, yakni 43 poin. Fernando Alonso yang konsisten finis posisi 3 sejak seri pertama, kini berada di posisi 3 klasemen kantongi 30 poin.

Pilihan Editor: Fernando Alonso Optimis di Persaingan Podium F1 Arab Saudi 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi