Drama Podium ke-100 Fernando Alonso di F1 Arab Saudi 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 20 Maret 2023 09:56 WIB
Fernando Alonso di F1 Arab Saudi 2023 finis posisi 3. (Foto: AMR)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDrama penalti hingga re-take podium mewarnai balapan Fernando Alonso (Aston Martin Aramco) di F1 Arab Saudi 2023, Minggu malam, 19 Maret. Meskipun akhirnya podium posisi tiga berhasil diambil lagi dari pembalap Mercedes-AMG Petronas George Russell.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di Jeddah Corniche Circuit sekaligus menjadi saksi 100 kali podium untuk Fernando Alonso berkarir di ajang balap Formula 1. Menjadi salah satu dari enam pembalap yang pernah bukukan podium 100 kali.

“Saya senang akhirnya dengan hasil malam ini dan podium kedua di musim ini. Kita menunjukkan bahwa kita bisa menjadi pembalap tercepat kedua dan mobil sangat kencang sepanjang balapan,” ujar Fernando Alonso.

AMR23 yang dipersiapkan tim Aston Martin Aramco terbilang sempurna, meskipun harus mengakui bahwa mesin Honda Red Bull Racing sangat kencang. Ini terlihat dari Max Verstappen start dari posisi 15 bisa finis posisi dua di balapan sebanyak 50 lap dan sirkuit sepanjang 6,1 km.

Fernando Alonso di F1 Arab Saudi 2023 sempat memimpin balapan. (Foto: AMR)

Fernando Alonso mengakui lakukan kesalahan di garis start yang membuat dirinya diganjar 5 detik. “Merupakan kesalahan saya di garis start dengan posisi miring di grid, tapi kita mengejar ketertinggalan untuk menutupnya.

“Jelang balapan pekan ini kita tak tahu di mana kita sebenarnya, berkat berita bagus ini menjadi semangat untuk hadapi balapan berikutnya. Tak sabar untuk hadapi balapan di Australia,” lugas Fernando Alonso.

Pembalap berusia 14 tahun ini berkomentar mengenai drama podium F1 Arab Saudi 2023. “Saya menikmati podium ini, namun setelah podium ternyata ada penalti. Tapi saya tahu tim mencari tahu apakah itu merupakan pelanggaran atau bukan. Bila itu pelanggaran tentunya kita akan berada di posisi empat, membuat kita kehilangan tiga poin dari 15 ke 12,” ungkap Fernando Alonso.

“Tapi saya tegaskan lagi, itu tidak menghilangkan semangat. Apalagi laju mobil sangat kencang. Kita bisa catatkan waktu tercepat kedua lagi, bisa lebih baik dari tim Mercedes dan di depan Ferrari. Tentunya ini menjadi kesenangan tersendiri,” ujar Alonso.

“Sejujurnya saya tidak mengetahui apakah kejadian itu patut mendapat penalti. Saya tahu tim mencoba untuk memahaminya. Tentunya sangat aneh setelah lalui satu jam, sekitar 35 lap untuk menjatuhkan penalti, kemudian saya sudah di podium dengan semua sponsor merayakannya. Tentunya hal tersebut terlalu lambat dilakukan, tapi itu masalah mereka,” ketus Fernando Alonso.

Saat ini, Fernando Alonso berada di posisi tiga Pembalap Juara Dunia F1 2023, kumpulkan 30 poin. Posisi pertama dipegang oleh Max Verstappen dengan 44 poin dan Sergio Perez miliki 43 poin.

Pilihan Editor: Hasil F1 Arab Saudi 2023: Pembalap Red Bull Racing Sabet Podium 1-2

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi