MotoGP Spanyol 2023: Aleix Espargaro Raih Pole Position
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 29 April 2023 19:32 WIB
Aleix Espargaro - MotoGP Spanyol 2023. (Foto: Aprilia racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAleix Espargaro pembalap Aprilia Racing berhasil catatkan waktu tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2023, Sabtu, 29 April. Menggeber Aprilia RS GP bernomor 41, Aleix mampu torehkan waktu 1:37,216 detik. Posisi dua tercepat diraih Jack Miller (Red Bull KTM Racing) bubuhkan waktu 1:37,437 detik, dan posisi tiga tercepat diperoleh Jorge Martin (Pramac Ducati) raih 1:37,458 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kondisi awal kualifikasi Q2 cukup membuat bingungkan para pembalap, karena sirkuit Jerez dikelilingi awan mendung dan sempat gerimis. Membuat para pembalap mengawali sesi kualifikasi gunakan tipe basah. Namun seketika gerimis menyingkir dari sirkuit, para pembalap langsung mengganti ban dengan tipe slick. Karena gap antara ban hujan dan tipe slick bisa mencapai 30 detik.

Aleix Espargaro mampu tampil baik di kampung halamannya, meskipun tidak mudah, karena sempat terjatuh di sesi latihan pagi hari, FP3. “Kita sudah bagus sejak latihan hari pertama, sehingga kita perlu sempurnakan lagi untuk paket aerodinamika, sayangnya alami insiden terjatuh.

Ketika hujan mulai turun di lintasan, saya sedikit marah dan kecewa. Karena saya hanya punya satu motor, sehingga harus bertaruh untuk menggunakan ban hujan atau slick. Akhirnya saya putuskan menggunakan slick dan tanpa ragu meski sempat terjatuh di pagi hari. Senang bisa mengontrol diri saya hingga lap terakhir,’ yakin Aleix Espargaro.

Berkomentar akan perolehan start posisi dua di MotoGP Spanyol 2023, Jack Miller mengatakan, “Sempat tidak yakin apakah akan hujan, melihat gap hingga 30 detik menggunakan ban kompon slick. Tapi di tikungan satu terlihat gelap sekali. Akhirnya menggunakan ban slick dan kecepatan motor kian kencang. Setiap lap bertaruh di tiap kerb agar tak melindas.” 

Jack Miller - MotoGP Spanyol 2023. (Foto: KTM Racing)

“Senang akhirnya bisa berada di baris terdepan untuk awali Sprint Race yang memang kita bisa manfaatkan. Sirkuit yang sangat sulit untuk ditaklukkan, semoga ada poin penting bisa kita petik,” yakin Jack Miller.

Sementara itu Jorge Martin berharap bisa ada tambahan waktu lagi di sesi kualifikasi, “Sepertinya saya perlu satu lap lagi untuk dapat Pole Position, tapi setidaknya saya bisa menunjukkan performa sepanjang pekan ini dan menjadi yang terkuat.” 

Di jajaran pengguna Ducati Desmosedici GP musim MotoGP 2023, Jorge Martin menjadi yang terkuat meski dari tim satelit. “Perihal kesulitannya adalah sempat terjatuh saat FP3, sehingga saya hanya punya satu motor sehingga sulit untuk menentukan situasi untuk membandingkannya satu-satu. Namun kita bisa menerapkan strategi dan senang bisa raih row terdepan dan menjadi yang terkuat,” ujar Jorge Martin.

Pilihan Editor: MotoGP Spanyol 2023: Aleix Espargaro dan Maverick Vinales Dominasi FP2

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi