Balapan F1 Emilia Romagna Batal Akibat Banjir, Ini Komentar Pembalap
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 19 Mei 2023 15:00 WIB
Sebuah helikopter terbang di atas paddock balap Motor-Imola yang ditutup, saat permukaan sungai Santerno naik karena hujan lebat, menjelang Grand Prix Emilia Romagna akhir pekan, di Imola, Italia, 17 Mei 2023. REUTERS/Jennifer Lorenzini
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHujan deras semenjak awal pekan ini jelang F1 Emilia Romagna di kawasan Misano, membuat sirkuit Emilia Romagna dan sekitarnya tergenang banjir. Hal ini berdampak dibatalkannya seri keenam dan diumumkan oleh penyelenggara dan pemerintah terkait.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikabarkan akibat hujan deras di wilayah tersebut membuat 14 sungai meluap dan mengakibatkan terjadi banjir di 20 wilayah. Akibat banjir tersebut memakan sembilan korban jiwa dan sekitar 50.000 rumah tak dialiri listrik termasuk di kawasan sirkuit F1 Emilia Romagna.

Komentar batalnya balapan F1 Emilia Romagna akhir pekan ini juga mendapat respon dari banyak pembalap. Mulai dari Lewis Hamilton, Sergio Perez, Esteban Ocon, hingga Yuki Tsunoda. Adapun Yuki sebagai pembalap Jepang yang memang memegang kultur memberikan bantuan secara langsung, turut menyingkirkan lumpur di Faenza, kawasan tempat dirinya menginap.

“Kami berharap semua orang di Emilia Romagna dalam keadaan aman serta saling membantu antar sesama. Banyak yang terdampak akibat tragedi ini dan layanan darurat bekerja luar biasa untuk penanganan. Saya tahu semua memahami bahwa keselamatan adalah hal utama, saya tak sabar menunggu kondisi segera pulih dan melihat semuanya di balapan berikutnya,” ujar Lewis Hamilton pembalap dari Mercedes-AMG Petronas.

Sementara itu Sergio Perez pembalap dari Oracle Red Bull Racing mengatakan, “Semua pikiran dan doa untuk para korban di Italia kawasan Emilia Romagna. Kita tidak balapan akhir pekan ini, tapi berharap kita bisa kembali lagi. Tetap jaga keselamatan!”

Pembalap asal Prancis, Pierre Gasly dari tim Alpine juga memberikan tanggapan atas bencana alam di kawasan utara Italia. “Turut sedih dan berduka perihal situasi di Emilia Romagna. Berikan semangat kepada keluarga, para penggemar yang terdampak. Saya sangat mencintai balapan di Imola, berharap bisa segera kembali. Tetap jaga keselamatan,” ujar Gasly.

Yuki Tsunoda yang turut turun tangan membantu menyingkirkan lumpur di kawasan Faenza mengatakan, “Setelah bencana berat malam hari di kota; debu, lumpur, dan bau bahan bakar di mana-mana. Banyak orang berusaha mencari makanan dan terutama tempat untuk tinggal, kemudian banyak orang dievakuasi dari rumah yang terdampak banjir. Silakan, apapun bisa dilakukan untuk meringankan para korban, tak masalah besar atau kecilnya bantuan!”

Dukungan semangat untuk para korban juga diberikan Max Verstappen. “Semoga tabah untuk masyarakat yang terdampak akibat hujan deras dan banjir di wilayah Emilia Romagna. Kami berharap bisa saling menguatkan untuk tetap perhatikan keselamatan lalui bencana ini,” ujar Max. 

Pilihan Editor: Valentino Rossi Kembali Rasakan Podium Setelah Pensiun dari MotoGP

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi