Volvo Trucks Memperkenalkan Sistem Keselamatan Baru
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 5 Juni 2023 10:43 WIB
Volvo Trucks sematkan teknologi fitur keselamatan Front Short Range Assist. (Foto: Volvo Trucks)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBertujuan meningkatkan keselamatan pengendara sepeda dan pejalan kaki, dan juga memudahkan pekerjaan pengemudi, Volvo Trucks kini memperkenalkan serangkaian sistem keselamatan baru untuk kendaraannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di antara fitur-fitur yang telah dikembangkan untuk meningkatkan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda sekaligus memudahkan pekerjaan pengemudi, adalah Front Short Range Assist terbaru.

Sistem ini dirancang dapat mendeteksi jika pesepeda atau pejalan kaki berada di area berisiko di depan truk, menggunakan radar depan dan kamera, serta memperingatkan pengemudi jika ada risiko tabrakan.

Fitur lainnya adalah sistem baru peringatan pembukaan pintu. Sistem ini dirancang guna memperingatkan jika pejalan kaki, pengendara sepeda, atau mobil mendekati truk dari belakang, di sisi yang sama dengan truk yang pintunya dibuka.

“Kami terus mengembangkan dan memperkenalkan sistem keselamatan tambahan yang dapat meningkatkan kemampuan pengemudi, membantu melindungi mereka dan orang-orang yang berbagi jalan dengan mereka,” ujar  Anna Wrige Berling, Direktur Keamanan Lalu Lintas & Produk di Volvo Trucks.

“Di Volvo Trucks, visi jangka panjang kami adalah tanpa terlibat kecelakaan, dan keselamatan adalah inti dari semua yang kami lakukan. Dengan sistem baru ini, kami mengambil langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut,” tambah Anna Wrige Berling.

Beberapa fitur baru telah dikembangkan – sekarang sudah memenuhi atau bahkan melampaui – undang-undang keselamatan UE yang diperbarui, General Safety Regulation (GSR), yang akan mulai berlaku pada Juli 2024. GSR, yang mewajibkan beberapa sistem pendukung pengemudi canggih, bertujuan untuk meningkatkan keselamatan jalan dan meningkatkan perlindungan bagi pengemudi, pejalan kaki, dan pesepeda. Dengan memperkenalkan undang-undang tersebut, UE berharap dapat menyelamatkan lebih dari 25.000 nyawa dan menghindari 140.000 cedera pada tahun 2038.

“Kami bersikap positif terhadap regulasi yang lebih ketat dalam hal keselamatan, dan Volvo Trucks telah menawarkan sistem lain yang akan diwajibkan pada tahun 2024 dengan GSR,” kata Anna Wrige Berling.

Berikut fitur keselamatan baru dari Volvo Trucks:

Front Short Range Assist (termasuk dalam GSR)

Radar depan dan kamera digunakan untuk mendeteksi jika seseorang berada di depan truk. Melalui sinyal visual dan suara, sistem memperingatkan pengemudi jika ada risiko tabrakan.

Intelligent Speed Assist (termasuk dalam GSR)

Fitur ini membuat pengemudi tetap mengetahui batas kecepatan dengan mendeteksi rambu lalu lintas dan menampilkan batas tersebut di panel instrumen. Sistem menampilkan batas kecepatan untuk kombinasi kendaraan yang sebenarnya dan juga memperingatkan, dengan peringatan visual dan suara, jika batas kecepatan terlampaui. 

Tire Pressure Monitoring System (termasuk dalam GSR)

Sistem ini memantau tekanan ban di truk dan trailer. Regulasi GSR yang baru menetapkan bahwa jika tekanan turun 20% di bawah tekanan referensi, pengemudi harus diberi tahu melalui tampilan pengemudi. Sistem Volvo melebihi persyaratan hukum dengan membiarkan pengemudi memilih untuk diperingatkan bahkan lebih awal dari penurunan tekanan 20% yang ditetapkan. Sistem ini mampu memantau berbagai pembacaan tekanan di bawah dan di atas. Selain itu, efisiensi energi yang lebih baik dicapai dengan selalu memiliki tekanan ban yang optimal.

Door Opening Warning

Sistem yang tersedia di kedua sisi truk ini akan memberi peringatan jika objek bergerak seperti pejalan kaki, pengendara sepeda, atau mobil mendekat dari belakang di area yang dipantau, di sisi truk yang sama tempat pintu dibuka. Sistem aktif saat truk berhenti, dan selama dua menit setelah mesin atau motor dimatikan.

Auto Hold

Fitur Auto Hold membantu menjaga truk tetap diam sampai pedal gas diterapkan, sehingga meyakinkan dan membantu pengemudi di tanjakan dan perbukitan.

Intelligent Speed Assist akan tersedia di sebagian besar pasar, sementara sistem lainnya akan tersedia secara global di Volvo FH, FM, dan FMX dengan penggerak diesel, gas, dan listrik, mulai September tahun ini. Model Volvo FL dan FE akan mendapatkan sistem keselamatan sebagai bagian dari penyempurnaan GSR sebelum akhir tahun 2023.

Pilihan Editor: 1.000 Truk Listrik Volvo Trucks akan Dipakai Holcim

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi