Truk Listrik Fuso eCanter Kini Banyak Pilihan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 30 Juni 2023 11:18 WIB
Truk listrik Fuso eCanter generasi terbaru di Road Transport Expo, 27-30 Juni di Stoneleigh, Warwickshire. (Foto: Fuso)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Truk listrik Fuso eCanter generasi terbaru memulai debutnya di acara Road Transport Expo, 27-30 Juni di Stoneleigh, Warwickshire, hanya sebulan setelah produksi dimulai di Portugal.

Model yang menawarkan lebih banyak tenaga dan efisiensi serta jangkauan yang lebih jauh dari pendahulunya, Fuso eCanter Next Generation terbukti menjadi daya tarik yang populer bagi pengunjung pameran tersebut.

Model yang ditampilkan adalah 4S15e dengan lebar standar 1,7 meter, kabin tiga tempat duduk, dan motor 129 kW. Paket baterai M yang dipasang menyediakan jangkauan hingga 140 km, sedangkan sasis jarak sumbu roda 2.500 mm – salah satu dari enam panjang sasis yang tersedia – dilengkapi dengan bodi tipping alloy oleh Scattolini.

Kini truk listrik Fuso eCanter Next Generation dirancang menawarkan keserbagunaan di berbagai hal, dengan serangkaian opsi perencanaan keuangan fleksibel yang tersedia melalui Daimler Truck Financial Services.

Truk listrik Fuso eCanter . (Foto: Fuso)

Fuso eCanter sebelumnya adalah model tunggal, dengan GVW 7,49 ton dan jarak sumbu roda 3.400 mm. Sekarang pelanggan memiliki pilihan enam jarak sumbu roda, dari 2.500 hingga 4.750 milimeter, dan bobot kotor 4,25, 7,49, atau 8,55 ton. Kapasitas beban bisa sampai 5 ton.

Adapun Fuso eCanter Next Generation ditenagai oleh motor listrik dengan torsi 430 Nm dan output 110 kW atau 129 kW. Kecepatan maksimum dibatasi secara elektronik hingga 89 km/jam.

Tergantung pada jarak sumbu roda, tersedia tiga paket baterai yang berbeda: S, M dan L. Baterai menggunakan teknologi sel lithium iron phosphate (LFP), yang memastikan masa pakai yang lama dan lebih banyak energi yang dapat digunakan.

Varian S memiliki kapasitas nominal 41 kWh dan jangkauan hingga 70 kilometer. Dalam model M, parameter ini meningkat menjadi 83 kWh dan 140 kilometer. Versi L yang paling bertenaga membanggakan nominal 124 kWh, sementara jangkauan potensial mencapai hingga 200 kilometer – dua kali lipat dari Fuso eCanter sebelumnya dan nyaman lebih dari jarak yang biasanya ditempuh per hari dalam lalu lintas distribusi ringan. Pemulihan dapat meningkatkan jangkauan lebih jauh, sekaligus meminimalkan jeda pengisian daya.

Unit pengisian daya Fuso eCanter Next Generation mendukung arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC), hingga 104 kW. Pengisian cepat DC dari 20 hingga 80% kapasitas dimungkinkan dalam waktu sekitar 24 menit dengan paket baterai S, atau 26 dan 39 menit untuk versi M dan L. Pengisian daya AC (11 dan 22 kW) membutuhkan waktu sekitar empat hingga enam jam, tergantung pada paket baterai.

Fuso GB Head of Future Sustainability James Venables mengatakan, “Fuso eCanter Next Generation dibangun di atas kesuksesan model sebelumnya, yang telah membuktikan dirinya sebagai pemain yang andal dan efisien dalam operasi di seluruh Eropa sejak diluncurkan pada tahun 2017.

“Menambahkan drivelines yang lebih efisien, jangkauan yang lebih jauh, dan pilihan panjang dan bobot bodi yang jauh lebih luas akan membuat eCanter Generasi Selanjutnya menjadi proposisi yang lebih menarik untuk spektrum operator yang lebih luas daripada sebelumnya.”

Pengunjung Road Transport Expo juga memiliki kesempatan untuk mengambil bagian dalam ‘ride & drive di Fuso eCanter 7C15e dari jajaran model sebelumnya, sementara Fuso Canter 3S13 tipper bertenaga mesin diesel dipajang di stand utama bagian luar.

Pilihan Editor: Mitsubishi Rayakan Rayakan 60 Tahun Kehadiran Fuso Canter

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi