Marc Marquez Tulis Ucapan Perpisahan untuk Repsol Honda di MotoGP Valencia 2023
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 27 November 2023 09:44 WIB
Perpisahan Marc Marquez dan Repsol Honda. (Foto; Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Setelah mendapat enam titel Juara Dunia MotoGP, 59 kemenangan dan 2.626 poin, masa Marc Marquez sebagai pembalap HRC di Tim Repsol Honda telah berakhir di MotoGP Valencia 2023, 26 November.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Marc Marquez menuliskan pesan perpisahan untuk para Repsol Honda usai menjalani balapan terakhir di MotoGP Valencia 2023.

"Sejujurnya ini merupakan minggu yang sangat emosional dan pada beberapa titik sulit untuk menahan perasaan tersebut. Sayangnya, kami tidak menyelesaikan balapan hari ini, saya merasa sangat kuat hari ini dan sejujurnya saya pikir podium adalah hal yang mungkin dilakukan hari ini dan bahkan mungkin lebih," tulis Marc Marquez.

"Itu bukan kesalahan kami, dan saya tidak menekan Jorge Martin karena dia dalam mode menyerang. Itu terjadi ketika kamu berjuang untuk kejuaraan. Namun hal terpenting hari ini adalah mengingat semua momen luar biasa yang saya alami bersama HRC dan Tim Repsol Honda, mereka akan menjadi tim dalam hidup saya. Kami telah menulis kisah yang luar biasa bersama-sama dan mereka telah menjadi lebih dari sekedar tim saya, mereka telah menjadi teman dan keluarga saya. Terima kasih atas segalanya sejak 2013, saya tidak akan melupakan kalian semua," sambung dia.

Sebagai informasi, MotoGP Valencia 2023 menjadi momen terakhir Marc Marquez berseragam Repsol Honda. Dia mengakhiri perjalanannya bersama HRC sebagai pembalap Honda yang paling sukses dalam hal kemenangan di kelas premier.

Gambar Marc Marquez dan Repsol Honda. (Foto: Honda)

Hubungan antara Marc Marquez dan Repsol Honda segera pertama kali mencapai kejayaan pada tahun 2013 ketika Marquez memenangkan balapan keduanya, menjadi pemenang kelas premier termuda dalam sejarah pada usia 20 tahun 60 hari.

Marc Marquez juga sempat mencatatkan 13 kemenangan, termasuk sepuluh kemenangan berturut-turut pada awal musim, akan memperkuat Kejuaraan Dunia berturut-turut dan serangkaian rekor baru.

Selanjutnya, pembelajaran menyusul pada tahun 2015 saat Marc Marquez menghadapi tahun yang penuh tantangan dengan sejumlah DNF. Namun seluruh pembelajaran itu membuat tahun 2016 kembali ke jalur kemenangan dan meraih gelar juara kelas premier ketiga.

Tahun 2017 dan 2018 mengikuti pola yang sama dengan judul keempat dan kelima muncul segera setelahnya.

Performa Marc Marquez di tahun 2019 akan menjadi tolak ukur baru, tidak hanya untuk Tim Repsol Honda tetapi juga untuk MotoGP secara keseluruhan karena pembalap asal Spanyol itu akan finis di posisi dua teratas di setiap balapan yang ia selesaikan. 

Dengan 420 poin, Juara Dunia delapan kali ini mencetak rekor poin baru dalam satu musim yang hanya bisa dilampaui dengan diperkenalkannya balapan Sprint.

Tahun-tahun berikutnya Marc Marquez mulai mengalami penurunan karena mengalami cedera. Kemunduran dan kesulitan setelah kecelakaan yang menentukan di GP Spanyol di Jerez, 2020. kecelakaan ini Marquez akan kembali ke jalur kemenangan di sirkuit Sachsenring kesayangannya – membuktikan tanpa keraguan bahwa semangat dan kecepatan seorang juara tidak pernah pudar. Kemenangan di Austin dan Misano akan mengakhiri musim 2021 dengan baik sebelum cedera menyerang lagi.

Beberapa momen gemilang terakhir bersama Repsol Honda seperti podium kelas premier ke-100 di Australia dan kembalinya podium  di rumah Honda di Jepang akan menonjol pada tahun 2022 dan 2023.

Pilihan Editor: Jelang Perpisahan, Marc Marquez Pakai Helm Khusus di MotoGP Valencia 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi