3 Pembalap Aprilia Tutup Musim di MotoGP Valencia 2023 di Posisi Sepuluh Besar
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 27 November 2023 11:00 WIB
Aleix Espargaro dan Maverick Vinales raih 1-2 sejarah bagi Aprilia Racing di MotoGP Catalunya 2023. (Foto: Aprilia Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Hasil final musim MotoGP 2023 di MotoGP Valencia membuat Aprilia menempatkan tiga pembalapnya di sepuluh besar. Pertama ada Aleix Espargaro, meski mengalami patah tulang pada kaki kirinya seminggu yang lalu di GP Qatar, mampu bangkit kembali dari posisi kedua belas di grid start hingga ke posisi keenam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam pertarungan terakhir, dia finis di urutan kedelapan, sebuah hasil yang bahkan melampaui ekspektasi tertinggi, mengingat kondisinya.

"Hari ini sangat sulit. Saya sangat kesulitan terutama di paruh kedua balapan. Namun terlepas dari itu semua, saya puas karena hingga lima lap menjelang akhir, saya tertinggal lima atau enam detik dari pemimpin klasemen. Saya sangat cepat, namun dalam tiga lap terakhir saya kehilangan sebanyak dua detik setiap lap," ucap dia dalam keterangan resminya, Minggu, 26 November 2023.

Semantara itu, Maverick Vinales, mendapatkan penalti karena tidak mengamati kondisi bendera hitam/oranye selama sesi pemanasan. Tiga posisi di grid, dari posisi pertama hingga keempat, merupakan keputusan yang diambil Race Direction setelah Maverick kembali masuk lintasan, dengan persetujuan marshal, dan setelah memverifikasi bahwa tidak ada yang salah dengan RS-GP miliknya.

"Kami harus membayar mahal dalam perlombaan untuk mengambil keputusan yang tidak konvensional. Kami memilih ban lunak karena berdasarkan data yang dikumpulkan sepanjang akhir pekan, putaran dan keausan kami lebih sedikit dibandingkan dengan ban medium,” ucap Vinales.

Terakhir, yang patut disebutkan adalah Raul Fernandez dan posisi kelimanya yang fantastis di atas Tim RNF RS-GP, yang merupakan hasil terbaiknya dalam karirnya yang sedang berkembang.

Aprilia menutup musim pertamanya sebagai tim pabrikan dengan dua kemenangan dari Aleix Espargaro di GP Inggris dan di Catalunya, dan satu podium lagi dari Aleix, serta tiga podium diposisi kedua untuk Maverick.

Pada Sprint Race, tim Italia meraih satu kemenangan dan dua podium. Pada tahun 2023, Aprilia menjadi satu-satunya tim yang finis satu-dua di GP Barcelona.

Pilihan Editor: Jorge Martin Terjatuh, Francesco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi