MotoGP India 2024 Terancam Dibatalkan, Angin Segar untuk Kazakhstan?
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 15 Mei 2024 17:00 WIB
Pembalap Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team bersama Jorge Martin dan Fabio Quartararo saling menyemprotkan sampanye di atas podium MotoGP India, di Sirkuit Internasional Buddh, Greater Noida, India, Ahad, 24 September 2023. REUTERS/Anushree Fadnavis
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Seri India terancam dicoret dari kalender balap MotoGP 2024. Kabarnya promotor lokal untuk gelaran MotoGP India, Fairstreet Sports belum membayar fee sesuai kontrak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari Autosport, Selasa, 14 Mei 2024 balapan di Buddh International Circuit dijadwalkan digelar pada 19-22 September 2024 akan dibatalkan karena pembayaran yang belum dilakukan oleh promotor lokal Fairstreet Sports.

Dorna hingaa saat ini masih memberikan waktu tenggat kepada Fairstreet Sports selaku promotor MotoGP India hingga 20 Mei untuk melunasi pembayaran.

MotoGP India disebut masih belum menemui titik terang lantaran promotor lokal tidak memenuhi komitmen keuangan yang ditetapkan dalam kontrak, tidak disebutkan berapa besarannya. Jika tidak membayar pada 20 Mei 2024, maka balapan MotoGP India 2024 akan dibatalkan.

Kabar ini tentu membuka jalan bagi Kazakhstan untuk menggantikan ronde Grand Prix India. Awalnya MotoGP Kazakhstan dijadwalkan berlangsung pertengahan Juni, namun akhirnya ditunda hingga akhir tahun 2024 lantaran keadaan darurat nasional yang disebabkan oleh banjir.

Sementara itu, juru bicara Dorna mengatakan hingga saat ini masih menunggu dan melihat apa yang akan terjadi pada kedua balapan tersebut. Lebih lanjut disitat dari Times of India pada pemberitaan Maret 2024, Fairstreet Sports juga dikritik oleh Dhirendra Shingh, selaku anggota legislatif dari Jewar, India.

Fairstreet Sports diduga telah melakukan penyimpangan keuangan.  Singh menuduh bahwa Fairstreet belum membayar penuh fee seperti biaya lisensi dari Dorna, dan vendor yang membantu acara.

Meskipun Fairstreet sudah mendapatkan uang dari pemerintah India.Beberapa perusahaan yang membantu Fairstreet dengan layanan seperti kebersihan dana keamanan curhat kepada legislator gara-gara belum dibayar pada gelaran MotoGP 2023.

Singh meminta agar pemerintah tidak menggelontorkan uang untuk tahun ini sebelum Fairstreet menyelesaikan tagihan dari gelaran tahun lalu.Fairstreet membantah tuduhan-tuduhan tersebut.

"Jika ada masalah mengenai biaya lisensi dengan Dorna, perusahaan tidak akan mengumumkan acara (balapan di India) untuk tahun 2024. Kami sudah membayar sebagian besar penyedia layanan dan sedang dalam proses membayar yang tersisa. Beberapa perusahaan telah mengajukan tagihan yang meningkat, yang perlu diperiksa," kata Pushkar Nath Srivastava, Kepala Operasi di Fairstreet.

Pilihan Editor: MotoGP Prancis 2024 Raih Rekor Penonton Terbanyak

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi