Bridgestone Targetkan Penjualan 2010 Naik 13 Persen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 24 Februari 2010 20:33 WIB
formula1.about.com

TEMPO Interaktif, Jakarta:Seiring dengan optimisme terhadap perekonomian Indonesia di 2010 ini PT Bridgestone Tire Indonesia (PT BTI) mematok penjualannya meningkat 13 persen dari total penjualan 2009. Bila ban di pasar nasional pada 2009 lalu mencapai 38,9 juta unit dan merek Bridgestone menggenggam 30 persen pasar atau 12,85 juta unit, maka penjualan PT BTI tahun ini ditargetkan mencapai sekitar 14,5 juta unit.

ban bridgestone"Kami optimistis (dengan target 13 persen -red) pada tahun ini. Karena itu kami akan terus meningkatkan upaya guna untuk mendorong penjualan, khususnya dengan perbaikan untuk meningkatkan pangsa pasar maupun pengembangan usaha kami,"tutur Shigero Niho, Presiden Direktur PT BTI di Jakarta, Kamis (24/2).

Target penjualan sebesar itu merupakan angka tertinggi dibanding target pertumbuhan yang dipatok BTI unttuk kawasan Eropa dan Amerika. "Untuk kawasan Eropa kami proyeksikan 8 persen, sementara Amerika 5 persen. Karena kami menilai pasar di kedua kawasan itu mulai pulih dari krisis tetapi kami perlahan-lahan untuk menggenjot penjualan," papar Kepala Departemen Penjualan PT BTI.

Baik Shigero maupun John Arsyad menyatakan perekonomian Indonesia pada tahun ini akan bertumbuh secara positif. Keduanya mengaku sejalan dengan peningkatan target penjualan yang dipatok kalangan industri otomotif nasional pada 2010 ini, pihaknya juga yakin permintaan ban untuk pasar manufaktur (untuk ban original equipment manufacture) juga akan meningkat.

Begitu pun dengan permintaan di pasar ritel untuk penggantian ban. Namun keduanya tidak bersedia menyebut secara rinci porsi target untuk pasar pabrikan maupun ritel tersebut. "Kami percaya permintaan ban nasional juga akan meningkat sejalan dengan peningakatan penjualan mobil nasional," terang John Arsyad.

Sementara itu, menyinggung total penjualan yang dibukukan Grup Bridgestone, Sinya Hisada Direktur Pemasaran BTI menyebut sepanjang 2009, penjualan Bridgestone di kawasan Asia Pasifik serta Afrika menurun 15 persen dbading tahun sebelumnya yaitu dari Rp 61,97 triliun menjadi Rp 52,89 triliun.

"Penurunan itu terjadi karena imbas krisis keuangan global," tandas Hisada.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi