Iris Kuping Pengemudi, Hyundai Elantra Diselidiki  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 21 Mei 2012 12:37 WIB
Hyundai Elantra. carreview.com

TEMPO.CO, Detroit - Otoritas Keamanan Transportasi Amerika Serikat (NHTSA) menyelidiki insiden kecelakaan yang melibatkan sedan Hyundai Elantra. Kantong udara penyelamat (airbag) sedan itu dinilai berbahaya setelah mengakibatkan kuping seorang pengemudi terpotong beberapa waktu lalu.

Seperti dikutip dari situs NHTSA, Senin, 21 Mei 2012, investigasi dilakukan pada 123 ribu unit Hyundai Elantra buatan tahun 2012. Lembaga itu menyatakan akan mengevaluasi standar keselamatan sedan kompak tersebut. "Namun tak ada perintah penarikan ulang atau recall," demikian pernyataan lembaga tersebut.

Kecelakaan yang melibatkan Hyundai Elantra terjadi pada 7 April 2012. Saat terjadi tabrakan, kantung udara samping mengembang seperti seharusnya. Namun gagang logam (bracket) dari kantung udara tersebut urung lepas dan menyabet kuping si pengemudi. Akibatnya, telinga sopir malang itu teriris. "Bisa saja logam itu menyabet leher saya," kata si korban kepada Detroit Free Press.

Dalam laporannya pada NHTSA, pemilik Hyundai Elantra menyisipkan foto yang menunjukkan komponen logam itu mental hingga ke bawah kursi pengemudi. NHTSA pun mengambil kesimpulan sementara bahwa metal pada airbag itu membahayakan keselamatan pengemudi.

Menanggapi masalah ini, juru bicara Hyundai, Miles Johnson, mengatakan pihaknya tak menerima laporan kecelakaan lain di samping insiden pada 7 April tersebut. Hyundai, kata dia, berjanji akan bekerja sama dengan NHTSA dalam penyelidikan masalah ini. "Hingga kini, pemeriksaan kendaraan tersebut belum dilakukan," katanya.

Hyundai Elantra merupakan salah satu sedan kompak yang laris di Amerika Serikat. Sejak Juni 2011, mobil ini sudah laku hingga 164 ribu unit. Salah satu versi yang paling laku ialah Elantra lansiran 2011.

FERY FIRMANSYAH

#Kecelakaan Angkutan Umum

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi