Tata Motors Siap Garap Mobil Bahan Bakar Gas
Reporter: Tempo.co
Editor: MC Nieke Indrietta Baiduri
Selasa, 25 September 2012 07:35 WIB
Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta berbicara pada peresmian Tata Motors Indonesia, di Jakarta, (11/9). Perusahaan otomotif global terbesar India, Tata Motors secara resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. ANTARA/Unggul

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen otomotif asal India Tata Motors menyatakan kesiapannya untuk menggarap mobil berbahan bakar gas di Indonesia. Presiden Direktur PT Tata Motor Indonesia, Biswadev Sengupta mengatakan siap untuk mengembangkan kendaraan menggunakan bahan bakar alternatif. "Tata Motors siap dengan energi alternatif dalam produk-produknya," kata Biswadev dalam keterangan resminya, Senin 24 September 2012.

Menurut Biswadev, Tata Motors sudah memiliki beberapa mobil yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Produk Tata Motor itu menggunakan bahan bakar gas atau CNG. "Contohnya seperti Tata Xenon CNG, lalu Tata Nano CNG dan Tata Magic CNG," kata Biswadev.

Biswadev melanjutkan, pasar kendaraan Tata Motor yang menggunakan bahan bakar CNG telah diminati konsumen di berbagai negara. Soalnya Tata Motor mengembangkan sistem CNG yang dipadukan dengan teknologi electronic injector atau CNG injection system. "Teknonogi itu membuat suplai bahan bakar kendaraan sangat efisien," dia berujar.

Tata Motor menyatakan jika sistem injeksi CNG telah teruji kualitasnya sesuai dengan standar keamanan global. "Jadi secara teknis, teknologi itu mendukung kenyamanan pengendaraan mobil kami," kata Biswadev.

Biswadev mengatakan sejumlah kendaraan Tata Motor juga telah dilengkapi dengan fitur automatic changeover program. Teknologi ini membuat kinerja mesin gas dan konvensionalnya beroperasi dengan optimal karena temperatur mesin terjaga. "Fitur ini menjamin nihilnya potensi kerusakan mesin saat perubahan mode bahan bakar," ujarnya.

Tata sedang mempelajari pasar Indonesia soal ketertarikan kendaraan berbahan bakar gas. Kajian Tata Motor itu tidak hanya untuk mobil pribadi, tapi juga mobil-mobil komersial dan transportasi umum.

"Kami juga harus menyakinkan masyarakat jika CNG tersebut aman dan tidak akan mudah meledak, karena memang berbeda dengan elpiji," katanya.

DIMAS SIREGAR

Berita Lainnya:Tom Cruise Makan Malam dengan Wanita Misterius Sandi Facebook untuk Menyewa Anak Buah Keyko Sehari Bersama Miss Indonesia 2012 Pemilik Situs Triomacan2000 Dilaporkan ke Polisi  Kemenangan Jokowi Untungkan Siapa?  Tujuh Polwan Pernah Menyamar Jadi Pelacur Keyko

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi