2014, Mobil Listrik VW e-Golf Meluncur  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 25 September 2013 12:37 WIB
ecofriend.org

TEMPO.CO, Jakarta - Volkswagen AG bersiap menginfiltrasi pasar mobil listrik dunia. Pada 2014, pabrikan "mobil rakyat" dari Jerman itu akan meluncurkan hatchback VW e-Golf di Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

CNBC mengabarkan, VW e-Golf menjadi varian perdana yang mengawali peluncuran global barisan mobil listrik VW. Menurut Kepala Eksekutid VW Amerika, Jonathan Browning, meski pasar otomotif masih dikuasai kendaraan bermesin konvensional, mobil listrik tetap memiliki segmen tersendiri. "Hal ini yang terus dipikirkan semua pabrikan," kata dia, seperti dikutip pada Rabu, 25 September 2013.

Hatchback VW e-Golf 2014-2015 digerakkan motor elektrik dengan baterai lithium-ion berkekuatan 24,2 kilowatt/jam. Motor listrik ini bisa menghasilkan tenaga 114 daya kuda atau 85 kilowatt dengan torsi 199 lb/feet. Dengan mesin tersebut, VW e-Golf yang berpenggerak roda depan ini bisa melesat dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 10,4 detik. Jika baterai lithium-ion tersebut diisi penuh selama setengah jam, VW e-Golf mampu menempuh jarak 190 kilometer.

Namun, VW belum mengumumkan harga jual mobil ini. Selain hatchback e-Golf, VW juga menyiapkan beberapa mobil listrik lain, di antaranya Audi A3 e-Tron Plug-in Hybrid dan Porsche Panamera S E-Hybrid. Meski akan memajang lebih banyak varian kendaraan listrik, Browning mengakui segmen ini bukanlah dagangan utama VW. Menurut dia, kendaraan konvensional bermesin bensin atau diesel masih memegang peranan penting. "Kendaraan listrik hanya akan menjadi salah satu bagian, bukan jualan satu-satunya."

FERY FIRMANSYAHOtomotif Terpopuler:Esemka Bermimpi Bisa Tampil di IIMS Daihatsu Perkenalkan 5 Mobil Andalan di IIMS Esemka Ingin Buat Mobil Keluarga Murah JK: Pakai Mobil Murah, Konsumsi BBM Turun

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi