Berikut Spesifikasi Honda Clarity Fuel Cell
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Selasa, 16 Agustus 2016 23:01 WIB
Mobil konsep berbahan bakar hidrogen Honda Clarity di GIIAS 2016, Jakarta, 11 Agustus 2016. TEMPO/PRAGA UTAMA

TEMPO.CO, Jakarta - Honda menampilkan sedan Clarity Fuel Cell pertama kalinya di kawasan Asia dan Oceania pada pameran otomotif Gaikindo.

Honda Clarity berbobot 1.890 kg dengan ukuran panjang 4.915 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.480 mm adalah model sedan lima penumpang pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar hidrogen fuel cell ramah lingkungan.

Mobil ini memiliki tangki hidrogen berkapasitas 141 liter, dengan rincian 25 liter di bagian dengan dan 117 di bagian belakang.

Honda Clarity yang diperkenalkan pertama kali pada Tokyo Motor Show 2015 menempatkan sel pembangkit listrik (fuel cell stack) di bawah kap mesin depan sehingga sedan lima penumpang ini punya kabin terlapang di kelasnya.

Powertrain Clarity juga lebih kompak seperti mesin konfigurasi V6 sehingga sangat memungkinkan digunakan pada jenis sedan seperti Clarity.

Urusan tenaga, Clarity mengeluarkan tenaga hidrogen yang bisa menempuh jarak 750 km, atau lebih besar 30persen dibandingkan mobil hidrogen sebelumnya. Tenaga yang dihasilkan powertrain 130kW (140 PS) dengan waktu pengisian hanya tiga menit untuk menempuh jarak maksimalnya.

Tampilan luar Honda Clarity dikembangkan dengan konsep Bold-Aero yang terlihat dari tampilan bodi luas dan rendah serta lekukan halus yang elegan. Honda Clarity Fuel Cell menampilkan Full LED Headlight yang tajam dan juga dilengkapi dengan velg ukuran 18 inci yang aerodinamis.

Adapun tampilan interior Clarity berkonsep Modern Lounge yang dilengkapi fitur dan interface canggih. Kabin Honda Clarity Fuel Cell lebih dengan material yang berkualitas yang dapat membuat pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan.

Pada pembukaan pameran Gaikindo pekan lalu, Noriaki Abe, Chief Operating Officer Regional Operation (Asia & Oceania) Honda Motor Co mengatakan Honda Clarity Fuel Cell merupakan salah satu upaya Honda untuk melestarikan pelestarian lingkungan dan menekan emisi CO2.

"Mobil ini merupakan perwujudan komitmen Honda untuk menghadirkan teknologi canggih demi masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan," kata Noriaki Abe.

Honda Clarity Fuel Cell bisa disimak pengunjung pameran Gaikindo di ruang pamer Honda Prospect Motor pada 11-21 Agustus 2016.Berikut spesifikasi Honda Clarity Fuel Cell:

Jumlah penumpangLima 
   
Powertrain  
MotorOutput maksimal130 kW/4,501-9,028 rpm 
  [Max rpm: 13,000 rpm]
 Torsi maksimal 300 Nm/0-3,500 rpm
 TipeAC synchronous motor
Fuel cell stackOutput maksimal 103 kW
 TipePolymer electrolyte fuel cell (PEFC)
Drive bateraiLithium-ion battery 
   
Bahan bakar  
Tipe bahan bakar hidrogen bertekanan 
Kapasitas tangki141 L  
Nominal pressure70 MPa 
   
Ukuran mobil  
Panjang lebar tinggi4,915 mm x 1,875 mm x 1,480 mm 
Vehicle weight1.890 kg

ANTARA

#Industri Otomotif
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi