Nasser Al-Attiyah Menangi Etapi 5 Reli Dakar 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 6 Januari 2023 09:09 WIB
Nasser Al-Attiyah (Toyota) beraksi di Etape 5 Reli Dakar 2023, Kamis, 5 januari 2023. (Toyota Gazoo Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Juara bertahan Nasser Al-Attiyah (Toyota) memenangkan etape kelima Reli Dakar untuk memperpanjang keunggulannya menjadi 22 menit pada hari Kamis, 5 Januari 2023. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Al-Attiyah, juara Dakar empat kali, masih menorehkan kemenangan etape keduanya di tahun ini setelah menguasai putaran khusus (Special Stage) 373km di sekitar Ha'il.

Dia finis satu menit 57 detik di depan pembalap Spanyol Carlos Sainz (Audi). Pereli Audi lainnya, Stephane Peterhansel, berada di urutan ketiga.

"Kami benar-benar mencoba untuk mendorong dengan gila-gilaan. Kami mengambil banyak risiko setelah keputusan kemarin. Tim lain memiliki lebih banyak tenaga tetapi oke, saya senang menyelesaikan hari ini tanpa masalah," kata Al-Attiyah seperti dikutip dari Reuters, Jumat, 6 Januari 2023. 

Sementara itu, Sainz mengatakan etape kelima adalah tahapan yang sulit.

"Saya pikir leher saya sedikit cedera. Saya harap tidak terlalu buruk besok," kata pereli asal Spanyol berusia 60 tahun itu. “Kami harap kami dapat melanjutkan dan mencapai akhir. Ini masih jauh. Kami harus terus maju”.

Al-Attiyah kini unggul 22 menit dan 36 detik dari Peterhansel di klasemen keseluruhan dengan Yazeed Al Rajhi dari Arab Saudi turun ke urutan ketiga dan pemenang Dakar tiga kali Sainz keempat.

Juara reli dunia sembilan kali Sebastien Loeb memutar mobilnya sekitar 100 km dari garis finis dan kehilangan waktu hampir 15 menit. Pereli Prancis itu keluar dari 10 besar dan hampir dua jam di belakang pemimpin.

Di kategori sepeda motor, pembalap Prancis Adrien van Beveren memenangkan etape di depan pembalap Chile Jose Ignacio Cornejo dan Toby Price dari Australia.

Pemenang hari Rabu Joan Barreda terjatuh 30 km sebelum finis, kepalanya terbentur tanah tetapi menyelesaikan etape setelah Price dan yang lainnya berhenti untuk membantu.

Pembalap Amerika Serikat Skyler Howes mengambil alih pimpinan klasemen sepeda motor, unggul dua menit tujuh detik dari Price dengan Kevin Benavides dari Argentina ketiga.

Baca juga: Nasser Al-Attiyah Puncaki Klasemen Sementara Reli Dakar 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi