Dani Pedrosa Pakai Jatah Wildcard di MotoGP Misano 2023
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 30 Agustus 2023 09:00 WIB
Dani Pedrosa berikan masukan untuk brad Binder dan Jack Miller di tes MotoGP Jerez 2023. 1 Mei 2023. (Foto: KTM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap penguji motor balap KTM, Dani Pedrosa akan kembali memakai jatah wildcard pada MotoGP Misano 2023. Keputusan ini diambil lantaran jatah ban dikurangi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurutnya Pedrosa, dirinya akan ikut balapan jika diperlukan oleh KTM dalam pengembangan motor KTM RC16.

Apalagi adanya perubahan format balap musim ini dianggap penting untuk ikut balapan agar bisa lebih memahami arah pengembangan motor.

"Sprint race sepenuhnya mengubah seluruh pekan balap. Oleh karena itu, kami para penguji harus mengikutinya agar bisa memahami para pembalap," ujar Pedrosa, dikutip dari Speedweek.com, Rabu, 30 Agustus 2023.

Selain itu Pedrosa juga menanggapi pengurangan jatah ban untuk pengetesan. Sebelumnya, tiap tim dijatahi 240 ban dan musim ini hanya 200 ban.

"Ban yang ada kian terbatas, dan semakin sedikit setiap tahun. Tapi, teknologi semakin maju, jadi dibutuhkan lebih banyak pengetesan. Tapi, kami memiliki sedikit pilihan, karena kami tidak memiliki ban tersebut," jelas Pedrosa.

Pedrosa menyebut, dirinya bahkan menggunakan ban hingga melebihi masa pakai yang direkomendasikan. Jika limit satu ban hanya 30 lap, maka akan digunakan sampai 33 lap.

"Namun, dengan format MotoGP yang baru, dinamikanya justru sebaliknya. Sebagian besar waktu pebalap berada di trek dengan ban baru, karena untuk langsung ke Q2 sudah ditentukan pada hari Jumat," tambah dia lagi.

Pilihan Editor: Dani Pedrosa Ikuti Balapan Lamborghini Super Trofeo World Trofeo

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi