Tes MotoGP Jerez 2023: Brad Binder dan Jack Miller Optimalkan Aerodinamika
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 3 Mei 2023 14:27 WIB
Tes MotoGP Jerez 2023 - Red Bull KTM Factory Racing, 1 Mei 2023. (Foto: KTM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaKegembiraan masih dirasakan tim Red Bull KTM Factory Racing usai raih podium ganda di MotoGP Spanyol, 30 April 2023. Berlanjut ikut lakukan tes MotoGP Jarez yang diselenggarakan oleh IRTA, Senin, 1 Mei di sirkuit Jerez.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari catatan waktu terbaik selama delapan jam tes MotoGP Jerez tersebut, Brad Binder menjadi pembalap tercepat ke delapan dan Jack Miller di posisi 14. Kedua pembalap utama Red Bull KTM Factory Racing ditemani pula oleh pembalap penguji, Dani Pedrosa, yang sempat jadi Wild Card di MotoGP Spanyol raih posisi 7.

Dani Pedrosa berikan masukan untuk brad Binder dan Jack Miller di tes MotoGP Jerez 2023. 1 Mei 2023. (Foto: KTM)

Selama tes MotoGP Jerez tersebut pembalap Afrika Selatan dan Australia tersebut mengevaluasi solusi pilihan aerodinamika. Brad Binder dan Jack Miller lakukan putaran panjang dan pendek. Input dari Dani Pedrosa juga dipelajari oleh kedua pembalap. Binder lakukan putaran sebanyak 73 lap, adapun Miller lakukan 67 putaran.

“Senang dengan jadwal yang sudah direncanakan dengan baik. Kita bisa penuh lakukan semua pengetesan yang terbilang jarang terjadi. Kami menggunakan waktu dengan baik, dan para teknisi bisa kembali dan melihat data untuk membantu kami sempurnakan,” ujar Brad.

Brand Binder menambahkan bahwa sepanjang pengetesan KTM RC16 banyak komponen yang diuji. “Kita ada beberapa komponen aerodinamika yang diuji, seperti pada umumnya, bisa lebih baik di satu area tapi tidak dengan area lain. Ini berarti harus mengubah keseimbangan motor dan bisa sangat rumit ketika mengetahui harus menguji berulang kali,” yakin dia.

Jack Miller di tes MotoGP Jerez 2023. 1 Mei 2023. (Foto: KTM)

Adapun Jack Miller menegaskan bahwa selama pengetesan memang sangat sibuk untuk menentukan komponen yang dihadirkan oleh pabrikan. “Setelah semua diuji dan kita tinggal menunggu analisa data apa yang penting dan tak terlalu berpengaruh,” ujar dia.

Sepanjang tes MotoGP Jerez ini Jack Miller juga mencoba memahami efek dari paket aerodinamika terbaru yang bisa digunakan di seri berikutnya. “Motor sejauh ini performanya sangat bagus apalagi kita menguji sebagai tim. Tak ada kelemahan spesifik saat pengetesan, tapi kita mendapat beberapa area yang masih bisa ditingkatkan,” yakin dia.

Hanya saja, Jack Miller mengeluhkan selama tes MotoGP Jerez lintasannya terbilang kotor. “Banyak serpihan sisa ban dan lintasannya memang kencang. Akselerasi kami sangat bagus dan kita hanya perlu memahami apa yang bisa diambil untuk hadapi seri di Le Mans,” jelasnya.

Pilihan Editor: Red Bull KTM Factory Racing Rilis Motor untuk MotoGP 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi