Pasca Hantam Penutup Got, 2 Pembalap Scuderia Ferrari Tercepat di Sesi Latihan F1 Las Vegas 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 18 November 2023 13:06 WIB
Sirkuit F1 Las Vegas 2023. (Foto: Scuderia Ferrari)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDua pembalap Scuderia Ferrari berada di puncak catatan waktu sesi latihan hari pertama F1 Las Vegas 2023, Jumat malam, 17 November. Charles Leclerc bukukan waktu 1:35,265 detik dan Carlos Sainz Jr. berada di posisi dua terpaut 0,517 detik. Sedangkan posisi tiga ditempati pembalap Aston Martin Aramco yakni Fernando Alonso raih catatan waktu 1:35,793 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gunakan livery khusus untuk F1 Las Vegas sepertinya memberikan semangat bagi kedua pembalap Scuderia Ferrari memaksimalkan SF-23. 

Terdapat insiden di 10 menit pertama FP1, Carlos Sainz Jr. bagian bawah SF-23 menghantam lubang pembuangan air di permukaan jalan lintasan lurus Las Vegas. Beruntung tim bisa menyelesaikan mobil SF-23 bernomor #55 tersebut, meski dikabarkan kerusakan mengenai monokok, mesin hingga baterai. Sempat dikhawatirkan tak bisa ikutan balapan.

Carlos Saiz Jr. di F1 Las Vegas 2023. (Foto: Ferrari)

“Balapan sedikit berbeda. Karena FP1 dihentikan setelah hanya empat lap, kami tidak mendapatkan banyak jarak tempuh, jadi kami melakukan yang terbaik untuk menebusnya di FP2, dengan 90 menit dan 4 kompon ban tersedia untuk kami,” ujar Charles Leclerc

Ditambahkan oleh pembalap asal Monaco bernomor #16, “Sesi ini produktif, kami mencatatkan jumlah lap yang solid dan saya sangat menikmati berkendara di trek ini. Untuk saat ini, kami terlihat cukup kompetitif, namun jalan yang harus ditempuh masih panjang. Waktu yang tersisa untuk mempersiapkan hari esok terbatas, jadi kami akan bekerja keras untuk menjaga momentum ini.”

Sementara itu Carlos Sainz Jr. menceritakan beruntung dirinya tak mengalami insiden yang membahayakan pasca bagian mobil menghantam penutup lubang saluran pembuangan air. 

“Hari yang penting bagi kami setelah masalah di FP1 dengan penutup lubang got. Namun orang-orang kami melakukan pekerjaan luar biasa. Mereka pada dasarnya harus membangun kembali seluruh mobil menjelang FP2 dan berkat mereka kami berhasil menyelesaikan program kami di sesi kedua, jadi terima kasih banyak kepada semua mekanik,” ujar Carlos Sainz Jr.  

Carlos Sainz Jr. di F1 Las Vegas 2023. (Foto: Scuderia Ferrari)

“Kami tampaknya berada dalam sisi kompetitif akhir pekan ini dan saya menantikannya besok. Sisi negatifnya, kami mendapat penalti 10 tempat untuk hari Minggu setelah penutup lubang got rusak, antara lain baterai saya dan kami harus menggantinya,” ujar pembalap Spanyol ini. 

“Sejujurnya saya tidak dapat memahaminya dan menurut saya pengecualian terhadap aturan tersebut seharusnya dipertimbangkan mengingat apa yang terjadi, tetapi kita harus menghadapinya,” jelasnya.

Pembalap Scuderia masing-masing menggunakan tiga set ban Soft untuk simulasi kualifikasi dan satu set ban Medium, ketika mereka menggunakan beban bahan bakar yang lebih berat untuk mencoba mobilnya ketika balapan.

Pilihan Editor: Scuderia Ferrari Tampil Spesial di F1 Las Vegas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi