Hasil Positif Andrea Locatelli dan Jonathan Rea di Winter Test WorldSBK 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 22 November 2023 08:41 WIB
Jonathan Rea di Winter Test WorldSBK 2023. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPata Yamaha Prometeon WorldSBK telah menyelesaikan Winter Test di Jerez bersama pembalap baru mereka Andrea Locatelli dan Jonathan Rea. Pengujian selama dua hari tersebut untuk memastikan motor Yamaha YZF-R1 sudah siap untuk FIM Superbike World Championship alias WorldSBK 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selama berada di sirkuit Jerez, 20-21 November 2023, pembalap Jonathan Rea menggunakan nomor #65 mengelilingi 173 lap dan Andrea Locatelli bernomor #55 mengelilingi 155 lap. Keduanya dikombinasi total menempuh 1.453 km dan catatan waktu tercepat 1:38,447 detik.

Pembalap yang membukukan waktu tercepat adalah Andrea Locatelli dengan waktu 1:38,447 detik mengungkapkan kebahagiaannya selama dua melakukan pengetesan motor baru untuk WorldSBK 2024.

“Bagi saya biasanya sangat sulit untuk melakukan hal yang bagus khususnya di Jerez - tapi bila melihat dua hari ini kami bisa menemukan setelan basic untuk Yamaha YZF-R1 dan bisa merasakan enak mengendarai motor,” ujar  Andrea Locatelli.

Menggunakan motor R1, pembalap asal italia yang pernah berlaga di Moto2 tahun 2019 tersebut menegaskan sangat senang dengan catatan waktu. Padahal dirinya sudah menggunakan Yamaha R1 sejak tahun 2021 bersama tim Pata Yamaha Brixx WorldSBK. 

“Sepertinya menjadi catatan waktu terbaik saya. Selama dua hari ini mengalami peningkatan dan memahami lebih banyak motor. Bangga dengan diri sendiri serta kinerja tim Yamaha yang memberikan saya kepercayaan diri,” ungkap juara kelas Supersport tahun 2020 ini.

Sedangkan untuk Jonathan Rea bukukan waktu 1:38,592 detik mengakui sangat senang bisa mengendarai Yamaha YZF-R1 cukup banyak putaran dan hasilnya sangat bagus terutama pada hari pertama karena temperaturnya hangat dari yang diperkirakan. 

“Sama seperti balapan sehingga bisa lebih banyak yang bisa dilakukan. Saya melakukan pengetesan hingga tiga motor yang punya banyak pilihan dan komponen berbeda. Sepertinya masih belum mendapatkan semuanya untuk dikombinasikan, tapi kita masih banyak waktu dan melakukannya di waktu pengetesan utama,” ungkap Jonathan Rea.

Mantan pembalap Kawasaki ini mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilewatkan saat pengetesan dan ada beberapa komponen yang perlu lebih jauh dipelajari.

“Melakukan pengetesan dengan simulasi balapan 20 lap yang sangat positif. Semakin lama berada di atas R1 semakin lebih memahaminya, bagaimana motor dikendarai di kondisi tertentu dan semakin yakin untuk meraciknya,” kata dia.

Pembalap Inggris yang sudah mengantongi 6 kali Juara Dunia WorldSBK ini mengungkapkan bahwa masih belum mendapatkan limit dari motor Yamaha YZF-R1. 

“Masih harus memahami karakter pengeremannya, tapi saya merasakan motor kompetitif, selangkah demi selangkah disempurnakan! Kami lakukan banyak putaran sekitar 766 km sejumlah 173 lap,” kata Jonathan Rea.

Adapun Jonathan Rea mengucapkan terima kasih kepada tim Pata Yamaha Prometeon WorldSBK yang telah cekatan menyiapkan tiga motor berbeda spesifikasi dengan banyak perubahan.

“Semuanya kini bisa beristirahat dan melihat pengembangan berikutnya di pengetesan bulan Januari,” tutup Jonathan Rea.

Pilihan Editor: Jonathan Rea Sudah Jajal Yamaha YZF-R1 Jelang WSBK 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi