Dua Pereli Red Bull KTM Factory Racing Cedera Jelang Reli Dakar 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 10 Desember 2023 19:00 WIB
Kevin Benavides. (Foto: KTM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMatthias Walkner dari Red Bull KTM Factory Racing dipastikan absen di ajang Reli Dakar 2024 yang digelar Januari mendatang. Adapun Matthias sebelumnya dikabarkan pulih dengan baik setelah operasi untuk memperbaiki cedera pada kaki kirinya, yang dideritanya saat berlatih di Amerika Serikat. Namun, dampaknya membuat pembalap Austria itu tidak bisa berkompetisi di Reli Dakar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sementara, rekan setimnya Kevin Benavides yang juga mengalami cedera kaki kirinya saat berlatih baru-baru ini, namun pereli asal Argentina tersebut diperkirakan akan kembali ikut tepat waktu untuk Dakar.

Menurut informasi dari KTM, saat berlatih bersama tim pada tanggal 5 Desember, Matthias Walkner disayangkan terjatuh dari KTM 450 RALLY miliknya, yang mengakibatkan sendi tibia, fibula, dan pergelangan kakinya patah. 

Akibat cedera tersebut membuat dirinya diterbangkan ke rumah sakit di Palm Springs, Walkner berhasil menjalani operasi untuk memperbaiki cederanya. Juara Reli Dakar 2018 ini akan memerlukan operasi lebih lanjut pada waktunya, yang ia harap bisa dilakukan di rumahnya di Austria.

Pekan yang berat bagi tim Red Bull KTM Factory Racing, Kevin Benavides juga mengalami cedera pada kaki kirinya saat melakukan tes pada hari Minggu, 3 Desember. Beruntung, cedera yang dialami Kevin tidak dianggap terlalu serius, namun Juara bertahan Dakar itu harus mempersingkat jadwal latihannya. 

Dengan waktu kurang dari satu bulan sebelum dimulainya Reli Dakar, Kevin Benavides diperkirakan akan pulih secara positif dan akan ambil bagian dalam reli tersebut.

“Beberapa hari ini merupakan hari yang sangat sulit bagi tim di Amerika Serikat. Latihan untuk Reli Dakar berjalan sangat baik, semua pembalap bekerja sangat keras. Kaki Kevin mengalami cedera pada hari Minggu lalu, namun untungnya tidak terlalu parah. Kami berharap dia akan kembali mendekati kebugaran penuhnya di Reli Dakar,” ujar Andreas Hölzl – Rally Team Manager Red Bull KTM Factory Racing 

Andreas Hölzl menjelaskan, “Pada hari Senin, Matthias Walkner mengalami kecelakaan parah saat berlatih, yang mengakibatkan dia mengalami beberapa patah tulang. Operasinya berjalan sangat baik, dan mereka telah memasang fiksator di kaki kirinya untuk membantu pemulihannya. Namun ia akan membutuhkan lebih banyak operasi setelah pembengkakannya mulai berkurang. Tentu saja, kedua insiden ini merupakan pukulan besar bagi tim, namun kami akan terus menatap ke depan dan melakukan semua yang kami bisa untuk menjadi sekuat mungkin di Dakar. Seluruh tim mendoakan Matthias Walkner dan Kevin Benavides segera pulih sepenuhnya.”

Reli edisi kelima yang digelar di Arab Saudi akan diadakan dari tanggal 5 hingga 19 Januari 2024, dimulai di kota AlUla yang berusia seribu tahun, melintasi negara menuju Rub 'al Khali merupakan gurun pasir terluas di dunia dan berakhir di Yanbu di tepi Laut Merah.

Pilihan Editor: Penyempurnaan Audi RS Q e-tron untuk Hadapi Reli Dakar 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi