Ducati Monster Khusus Asia Mulai Dipasarkan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 21 Oktober 2011 01:35 WIB
Ducati Monster 795 (motorcycle.com)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Produsen sepeda motor asal Italia, Ducati, dan Next Bike Sdn Bhd selaku distributor resmi Ducati di Malaysia, Jumat, 20 Oktober 2011 ini resmi meluncurkan varian terbaru Ducati Monster yaitu Ducati Monster 795 di Malaysia. Motor anyar yang hanya dipasarkan di kawasan Asia diluncurkan oleh pembalap Tim Ducati, Valentino Rossi di Kuala Lumpur, Malaysia.

Siaran pers Ducati seperti dilansir motorcycle.com, Kamis, 20 Oktober menyebut, Ducati anyar itu memadukan antara Ducati Monster 796 dan Monster 696. "Mesin yang diusung sama dengan yang diusung Ducati Monster 796. Sedangkan chasis menggunakan milik Ducati Monster 696," demikian bunyi pernyataan pabrikan itu.

Mesin yang berkapasitas 803 cc 90 derajat V-Twin diklaim mampu menyeburkan tenaga hingga 87 daya kuda pada 8.250 rpm dan torsi 78 Newton meter pada 6.250 rpm. Rasio kompresi mesin mencapai 11 : 01.

Sementara laporan ducatinewstoday.com hari ini menyebut, motor yang dirancang Miguel Angel Galluzi itu menggunakan peranti transmisi multiplat kopling basah enam tingkat kecepatan. Sedangkan chassis, perangkat suspensi, pelek tiga palang, sama persis dengan yang digunakan Ducati Monster 696.

Peranti suspensinya terdiri dari garpu Marzocchi 43 milimeter (mm) dan monoshock dengan preload dan rebound yang bisa diatur. Perangkat pengereman di roda depan menggunakan rem cakram ganda 320mm dengan empat piston kaliper Brembo.

"Pada roda belakang rem cakram 245mm dengan dua-piston caliper. Rem Antilock Brake System juga tersedia sebagai pilihan," terang pernyataan Ducati.

Selain di Malaysia, Ducati akan memasarkan motor tersebut di Thailand, China, India, Hong Kong, Indonesia, Filipina, Vietnam, serta Singapura. Hanya, sayang, Next Bike Sdn Bhd tak menyebut banderol motor itu. 

PT Supermoto Indonesia akan meluncurkan Ducati Monster terbaru itu pada 10 Desember mendatang di Jakarta. "Sambutan konsumen cukup baik sehingga kami rencanakan 10 Desember akan kami luncurkan di Jakarta," tutur Agustus S. Nugroho, Presiden Direktur PT Supermoto Indonesia saat dihubungi Tempo awal bulan ini. 

Menurut Nugroho, Ducati Monster yang didesain khusus untuk pasar Asia itu memiliki tinggi 75 sentimeter. "Sehingga nyaman dikendarai oleh pengguna Ducati di Indonesia atau orang Asia. Sebab sesuai dengan postur tubuh," terang dia.

Ihwal harga Nugroho menyebut motor tersebut akan dibanderol pada kisaran Rp 200–225 juta. "Kalau melihat kurs dolar terhadap rupiah yang ada saat ini, ya di kisaran itulah, Rp 200 – 225 juta," ujarnya.

Rencananya, pengiriman awal ke pembeli mulai dilakukan awal 2012 mendatang.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi