Mobil Nasional Sulsel Rp 57 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 12 Januari 2012 18:05 WIB
Seorang teknisi mengecek mesin mobil nasional (mobnas) Moko di Makassar, Kamis (12/1). Mobnas Moko menggunakan mesin 4 Tak 2 Silinder dengan dua varian 550 cc dan 650 cc yang dikembangkan oleh PT Inka menggandeng Pemprov Sulsel dan Universitas Hasanuddin, dipasarkan berkisar Rp50 juta.

TEMPO.CO, Makassar - Mobil nasional produksi Sulawesi Selatan akan masuk pasar pada Maret mendatang. Mobil hasil rancangan tim Universitas Hasanuddin dan PT Inka, bekerja sama dengan pemerintah Sulawesi Selatan ini, ditujukan bagi pemilik usaha kecil-menengah (UKM) di pedesaan.

“Kami harap dengan mobil ini mereka bisa jualan sayur, ikan, buku tulis, atau koran,” ujar Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo ketika meninjau perakitan mobil di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Logam Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Selatan, Kamis, 12 Januari 2011.

Mobil yang dinamai Moko ini akan dijual dengan skema kredit melalui Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan. Harga satu mobil Rp 57 juta. “Kami sebenarnya berharap harganya masih bisa di bawah Rp 50 juta, dan kami akan upayakan itu,” kata Syahrul. Pembeli nanti akan dikenai cicilan Rp 100 ribu per hari dan akan lunas selama satu tahun tujuh bulan.

Satu Moko dapat diselesaikan perakitannya dalam dua hari. Pemerintah Sulawesi Selatan menargetkan produksi Moko pada tahun ini hingga 50 unit. “Terus terang izin dari Menteri Perindustrian dan Perdagangan terhadap mobil ini juga masih dalam proses. Tapi kami akan jalan terus,” ucap Syahrul.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo, yang menjadi penanggung jawab produksi, mengatakan permintaan terhadap Moko sudah banyak. Di antaranya pemesanan lima unit untuk mobil sekuriti di PT Kawasan Industri Makassar. “Format produk ini untuk ke pedesaan. Nanti kita lihat bagaimana sistem pemasarannya,” ujar Irman.

Moko diproduksi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Sulawesi Selatan senilai Rp 2,5 miliar.

SUKMAWATI

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi