VW Cari Dana untuk Tangani Skandal Emisi
Reporter: Tempo.co
Editor: Burhan Sholihin Koran - Red. Ut
Jumat, 2 Oktober 2015 00:04 WIB
Sebuah mobil VW Golf VII parkir di tower delivery di pabrik mobil Volkswagen, Wolfsburg, Jerman, 3 Maret 2015. REUTERS/Fabian Bimmer

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen AG, menyatakan sedang mencari alternatif sumber pendanaan untuk menutupi arus kas guna menyelesaikan masalah skandal penipuan hasil tes emisi yang saat ini membelit perusahaan itu. Sumber itu bisa melalui penjualan saham atau opsi lain yang memungkinkan. Direksi VW saat ini sedang membahas upaya- upaya untuk memperkuat keuangan perusahaan. "Bisa penjualan aset atau merek, atau lainnya," ujar dua orang sumber yang dekat de ngan direksi VW kepada Reuters, kemarin.

Salah seorang sumber mengatakan opsi mencari pendanaan dari hasil penjualan saham akan dilakukan jika ternyata kebutuhan dana untuk penyelesaian kasus skandal emisi tersebut mencapai level "kritis". Namun sumber tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut apa maksud level kritis tersebut. Adapun manajemen VW menolak memberikan tanggapan.

Pabrik mobil terbesar di Eropa tersebut telah mengaku melakukan penipuan hasil uji emisi di Amerika Serikat. Kementerian Transportasi Jerman juga menyatakan manipulasi itu tidak hanya dilakukan VW di AS, melainkan juga di Eropa. Sebanyak 40 persen penjualan VW disumbang dari pasar Eropa. Skandal ini merupakan krisis terburuk bagi bisnis VW dalam sejarah berdirinya selama 78 tahun.

Skandal ini sangat memalukan bagi Jerman, yang membanggakan VW sebagai model mobil berteknologi canggih. Pemerintah Jerman juga telah membantu lewat lobi-lobi agar mobil diesel VW mendapatkan kelonggaran regulasi di negara tujuan ekspor. Industri mobil Jerman saat ini mempekerjakan lebih dari 750 ribu orang dan sumber pendapatan utamanya adalah ekspor.

Manajemen VW sebelumnya menyatakan sudah menyiapkan rencana aksi untuk memperbaiki emisi mesin diesel kendaraannya. Pada tahap pertama, konsumen yang kendaraannya termasuk yang terkena kasus ini akan diinformasikan mengenai hal tersebut. VW menjamin secara teknis kendaraan mereka aman dan layak dikendarai.

Dalam rencana aksi tersebut, VW dan merek-merek lain dalam VW Group akan menyediakan solusi teknis dan kebijakan untuk bertanggung jawab kepada otoritas. Rencana aksi itu akan mulai dilakukan Oktober ini. 

ABDUL MALIK

#VW | Volkswagen

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi