Mengenang Prestasi Sebastian Vettel di Formula 1 Sebelum Pensiun
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 29 Juli 2022 19:00 WIB
Sebastian Vettel. Foto/Instagram/astonmartinf1

GOOTO.COM, JakartaSebastian Vettel baru-baru memutuskan untuk mengakhiri kariernya di ajang balap Formula 1. Pembalap Aston Martin tersebut memilih pensiun setelah Grand Prix F1 musim 2022 berakhir.

Dirinya pun akhirnya gantung helm di usianya yang ke-35 tahun. Selama kariernya di Formula 1, Vettel mampu mengantongi empat gelar juara dunia. Hebatnya kemenangan itu ia dapatkan secara beruntun.

Kisah itu dimulai setelah Vettel memilih hijrah dari Toro Rosso ke Red Bull. Pada musim keduanya di Red Bull (2010), sang pembalap langsung memperlihatkan kualitasnya dengan memberikan gelar juara.

Pada musim tersebut, terhitung Vettel mampu memenangkan balapan Grand Prix sebanyak lima kali, yakni pada seri Malaysia, Europa, Jepang, Abu Dhabi dan Brasil. Posisi terburuknya saat itu finis di P15 (terlepas dari crash).

Vettel sendiri saat itu bersaing ketat dengan Fernando Alonso (Ferrari) di papan atas klasemen Formula 1 2010. Hingga musim berakhir, Vettel hanya mampu unggul 4 poin dari rival terdekatnya itu.

Aksi Vettel semakin menggila pada Formula 1 2011, di mana dirinya mampu mengantongi kemenangan sebanyak 11 kali. Dirinya hanya gagal dua kali masuk podium, yakni pada seri Jerman (P4) dan Abu Dhabi (crash).

Pada musim tersebut, Vettel mampu mengumpulkan 392 poin dan sukses unggul 122 poin dari pembalap di urutan kedua Jenson Button (McLaren Mercedes).

Vettel juga kembali melanjutkan tren positifnya dalam dua musim berikutnya. Pembalap berkebangsaan Jerman tersebut diketahui mampu keluar sebagai juara dunia Formula 1 pada musim 2012 dan 2013.

Sekedar mengingatkan kembali, Sebastian Vettel mampu menorehkan koleksi poin tertingginya pada Formula 1 2013 lalu. Saat itu dirinya mampu mengumpulkan 397 poin dengan total 13 kemenangan dalam satu musim.

Namun setelah musim 2013, Vettel dilaporkan tidak bisa lagi merebut gelar juara dunia. Bahkan ketika bergabung bersama tim pabrikan Ferrari, dirinya juga masih kesulitan menambah daftar gelar juara dunianya.

Bersama Ferrari, Sebastian Vettel hanya mampu menorehkan prestasi terbaik di peringkat ke-2 klasemen akhir Formula 1 musim 2017 dan 2018. Setelah itu, performanya pun mulai menurun hingga akhirnya Vettel berlabuh ke Aston Martin pada musim ini.

Pada Formula 1 2022, Sebastian Vettel telah memainkan 10 seri balapan Grand Prix. Sayangnya, dalam kesempatan itu ia tidak pernah menginjakkan kakinya di atas podium. Posisi terbaiknya hanya finis di P6 (F1 Azerbaijan). Kini dirinya berada di P14 klasemen sementara Formula 1 2022 dengan koleksi 15 poin.

Baca jugaKeluarga Jadi Salah Satu Alasan Sebastian Vettel Pensiun dari Formula 1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Sebastian Vettel
#Formula 1
#pensiun
#F1
#Red Bull
#Ferrari
#Aston Martin

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi