Honda Tutup Sementara Dua Pabriknya di Thailand
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 21 Mei 2010 00:03 WIB
Honda Logo (REUTERS/Toru Hanai)

TEMPO Interaktif, Bangkok - Menyusul krisis politik dan keamanan di Thailand yang hingga saat ini belum menunjukkan arah penyelesaian, Honda Motors menghentikan kegiatan dua pabriknya.

Seperti dilansir www.msn.com, Kamis (20/5) malam, juru bicara Honda Thailand mengatakan, pihaknya menghentikan kegiatan di kedua pabrik itu sembari menunggu berakhirnya krisis tersebut.

"Kami menghentikan sementara kegiatan di pabrik mobil dan satu pabrik yang memproduksi sepeda motor di Thailand, sejak hari ini (Kamis 20/5),” tutur juru bicara itu dalam keterangannya.

Dia menyebut, pihaknya akan melihat perkembangan yang terjadi dari hari ke hari untuk memutuskan apakah akan membuka kembali operasional pabrik tersebut. Pabrik akan kembali beroperasi bila kerusuhan benar-benar telah reda.

Seperti diketahui, Honda memiliki pabrik mobil di Ibu Kota lama Thailand, Ayutaya, dan pabrik sepeda motor di pinggiran kota Bangkok. Pabrik Ayutaya memiliki kapasitas produksi 240 ribu unit mobil per tahun. Pabrik ini memproduksi sedan Honda Accord dan Honda Civic yang dipasarkan untuk konsumen lokal.

Sebelumnya, Rabu (19/5), Honda telah menutup kantornya di Bangkok menyusul semakin tidak kondusifnya kondisi keamanan di Ibu Kota Negeri Gajah Putih tersebut. Saat itu, tentara dikabarkan telah menembak mati enam orang demonstran anti pemerintah.

ARIF ARIANTO

#Otomotif
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi