VW Passat Raih Nilai Tertinggi Uji Tabrak EuroNCAP  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 22 Desember 2010 15:34 WIB
VW Passat. autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Wolfsburg - Dua model anyar besutan Volkswagen (VW) yaitu VW Passat  dan VW Sharan 2011 memperoleh poin tertinggi dalam uji tingkat keamanan mobil baru yang digelar oleh Euro New Cars Asessment Programme (EuroNCAP).  Keduanya menempati peringkat tertinggi dengan lima bintang.

“Skor penilaian secara keseluruhan (dua mobil) mencapai 96 persen. Bahkan, Sharan mendapat nilai tertinggi (dalam salah satu aspek yang diuji) oleh EuroNCAP,” papar pernyataan lembaga yang berkantor di Brussel, Belgia itu, seperti diwartakan The Auto Channel, Rabu (22/12).

Keduanya mendapatkan skor tertinggi dalam uji tabrak dari depan, samping, serta belakang karena terbukti aman bagi penumpang anak-anak maupun dewasa. Artinya, kendati mengalami benturan keras saat tabrakan, penumpang tidak mengalami cedera serius dan membahayakan.

“Begitu pun, mobil ini juga aman bagi pejalan kaki di jalanan yang dilintasi oleh mobil. Produk VW ini paling aman diantara kendaraan teraman di kelasnya,” terang EuroNCAP.

Seperti diketahui, EuroNCAP merupakan lembaga sertifikasi untuk mobil-mobil baru yang akan dipasarkan di wilayah Eropa. Sebelum memberikan sertifikasi tentang kemananan, lembaga itu melakukan sejumlah uji aspek keamanan  yaitu uji tabrak dari depan, samping, belakang hingga keamanan atap mobil di saat mobil terguling.

Aspek lain yang dinilai oleh lembaga ini adalah kelengkapan peranti atau fitur keamanan. Bila mobil ternyata tidak lolos dan hanya mendapatkan peringkat kecil atau tidak mendapatkan satu bintang pun maka tidak layak dipasarkan di benua itu.

Sementara VW AG mengatakan, kedua model besutannya itu telah dilengkapi peranti keamanan airbag dengan tingkat kefektifan yang tinggi, serta Driver Assistance Systems (DAS). Disebutkan, DAS yang ada di kedua model itu meliputi Antilock Braking System (ABS), Hydraulic Brake Assist (HBA), serta Electronic Stabilisation Programme(ESP).

Bahkan, Passat model paling anyar itu  juga dilengkapi peranti Automatic Distance Control (ADC). Peranti tersebut  berfungsi melakukan pengereman otomatis di sat sensor menangkap sinyal bahwa mobil akan menabrak.

VW menyebut dalam kecepatan tinggi, peranti itu mampu mengerem mobil hingga kecepatannya berkurang dibawah 28 kilometer per jam.

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi