Kawasaki ZX-10R Gunakan Knalpot Anyar Yoshimura  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 16 Maret 2011 16:11 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, California - Produsen komponen sepeda motor kondang asal Jepang, Yoshimura, mengumumkan telah memproduksi knalpot dengan desain anyar untuk motor sport Kawasaki ZX-10R generasi terbaru.  Knalpot tersebut ditawarkan dalam berbagai konfigurasi dan cocok untuk digunakan di varian R-77 maupun All New R-77D.

Seperti diwartakan autoevolution.com, Rabu (16/3), Kawasaki mengaku desain dan daya knalpot tersebut  dibuat berdasar masukan dari pebalap AMA Superbike Tommy Hayden dan Blake Young.  Kedua pebalap yang menunggangi Kawasaki ZX-10R itu mengaku perlu ada perubahan knalpot agar motor lebih kencang dipacu, lebih bergaya, sekaligus nyaman dikendarai.

"Tutup depan R-77 menggunakan MIG yang dilas, sedangkan tutup akhirnya adalah terpaku menggunakan bahan baja stainless L-304 yang dipoles," tulis laman itu.

Menariknya, knalpot dengan bentuk trapesium dan terbuat dari bahan stainless steel, titanium, serta serat karbon menjadikan aliran gas buang lebih besar dan suara lebih rendah. Kenaikan aliran gas buang mencapai 5 persen lebih dan suara lebih rendah 3 desibel.

Ninja ZX-10R terbaru ini mengusung mesin 998 cc, 16 Valve, DOHC , serta berpendingin cairan. Tenaga yang disemburkan mesin mencapai 197 daya kuda.

Kawasaki telah mengubah total tampilan besutannya itu. Bodi misalnya, kini lebih ramping dihias garis tajam yang semakin ke bagian depan semakin menyempit.

Kerangka dibuat dari bahan alumunium twin-spar, sehingga meningkatkan kemudahan pengendalian dan stabilitas motor di saat menikung. Terlebih, pabrikan ini juga menambahkan peranti traksi kontrol khas Kawasaki, Sport Kawasaki TRaction Control atau S-KTRC.ARIF ARIANTO

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi