Kiat Esemka Jokowi Belum Daftar BSN
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 5 Januari 2012 11:22 WIB
Sejumlah pengunjung mengamati prototipe mobil Esemka kreasi siswa SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang pada Jambore Teknologi 2009 di Semarang, Kamis (16/7). Tempo/Budi Purwanto

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen mobil Kiat Esemka belum mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). Menurut Bambang Setiadi, Kepala BSN, adanya sertifikasi dari lembaganya akan memastikan produk Esemka terjamin keamanan dan keselamatannya. Ia berjanji standardisasi dari BSN tidak bakal menghambat pertumbuhan mobil nasional.

Bambang kemudian menuturkan prosedurnya. Setelah membuat produk, daftarkan produknya ke BSN. Produk itu akan diserahkan ke panitia teknis untuk dinilai. “Setelah dinilai, barulah keluar sertifikat,” kata Bambang kepada Tempo, Kamis, 5 Januari 2012.

Bambang melanjutkan, panitia teknis akan menilai tiap komponen yang ada pada produk tersebut. “Kalau ada yang sudah berstandar internasional, itu baik. Lebih baik lagi kalau diadopsi ke standar nasional Indonesia,” kata Bambang. Soalnya standar ban di Indonesia agak berbeda dengan standar International Organization for Standardization. Ini karena cuaca di Indonesia yang tropis.

“Karena itu sekarang ban yang dipakai di mobil-mobil Indonesia wajib SNI,” ujar Bambang.

Nah, anggota panitia teknis terdiri dari empat komponen, yaitu pemerintah, produsen, konsumen, dan ahli. Cara pengambilan keputusannya bukan voting, tapi konsensus. Keputusan diambil berdasarkan pertimbangan terbaik.

Mobil Esemka yang naik daun sejak Wali Kota Surakarta Joko Widodo menjadikannya sebagai kendaraan dinas. Beberapa tokoh politik kemudian mengikuti jejaknya. Meski masih menjadi kontroversi mengenai jaminan keamanan dan keselamatannya, toh mobil ini diunggulkan menjadi mobil nasional. Warga Solo bernama Sukiyat bersama siswa SMK Negeri 2 Solo adalah perancang dan memproduksi mobil Sport Utility Vehicle ini.

GADI MAKITAN

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi