Esemka Buggy Car Mulai Terima Pesanan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 6 Januari 2012 10:42 WIB
Buggy Car ABCD. smkn2banyumas.sch.id/

TEMPO.CO, Bandung - Buggy car buatan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Bandung seharga Rp 70 juta mulai mendapat pesanan. "Semalam saya ditelepon, mereka pesan dua unit," kata Kepala SMKN 8 Bandung Dedi Indrayana di sekolahnya kepada Tempo, Jumat 6 Januari 2012.

Pembelinya SMKN 1 Lubuk Pakan, Sumatera Utara. Satu dari dua mobil pesanan itu kini sudah tersedia dan tinggal dikirim. Mobil itu buatan 2010 atau generasi kedua yang memakai transmisi otomatis. Mobil pesanan lain kini siap dibuat di bengkel sekolah di Jalan Kiliningan itu.

Menurut Dedi, mobil itu rencananya akan ditunjukkan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang diundang datang ke SMKN 1 Lubuk Pakan bulan ini. Nah, karena mobil rakitan mereka belum selesai, "Yang di Bandung dibawa ke sana," kata Dedi.

Sekolah ini merintis pembuatan buggy car sejak 2009. Dua mobil purwarupa dari dua generasi berbeda selama ini cukup rajin dipamerkan di berbagai acara pendidikan di Bandung juga kota lain seperti Tasikmalaya dan Ciamis. Namun selama ini belum ada yang berminat membeli. "Pemasaran kami memang masih kurang, padahal mobil itu bisa disewakan juga," kata Dedi.

Kini setelah ramai berita mobil Kiat Esemka yang akan dipakai Walikota Surakarta Joko Widodo untuk mobil dinas, buggy car mulai dilirik pejabat Kota Bandung.

Di sekolah yang masih libur pergantian semester itu, belasan siswa dan guru pembimbing hari ini terlihat sibuk menyiapkan dua buggy car yang sudah jadi dan dipakai berkendara di dalam serta ke luar kota. Juga dua unit mobil sejenis di dalam bengkel sekolah yang sedang dirakit.

Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda, kata Dedi, rencananya akan berkunjung siang nanti. Sebelumnya, pejabat kota bergantian menelepon dirinya. Mereka menanyakan soal mobil esemka di Kota Bandung.

Buggy car itu diperuntukan untuk berkendara di pantai dan off road. Sekolah itu sengaja tak membuat kendaraan umum agar karya siswa dan gurunya itu tak terganjal regulasi.

ANWAR SISWADI

Berita TerkaitSoal Mobil Nasional, Indonesia Kalah dari Malaysia  Kenalkan Buggy Car, Mobil Esemka dari Bandung  Gubernur Heryawan Ingin Mobil Esemka Dibuat di Jawa BaratNur Wahid: Soal Mobil Esemka, Tugas Siswa Belajar

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi