Sukiyat Rela Kata Kiat Dihapus dari Mobil Esemka
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 24 Februari 2012 10:38 WIB
H. Sukiyat. TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Mobil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta, yang kemudian menjadi mobil dinas Wali Kota Solo Joko Widodo dan Wakil Wali Kota Hadi Rudyatmo, dipatenkan dengan nama Esemka. Awalnya nama mobil yang dibandrol dengan harga Rp 95 juta per unit itu adalah Kiat Esemka. Sukiyat, pemilik bengkel Kiat Motor, yang ikut membidani lahirnya mobil itu, rela identitasnya dicabut.

Nama Kiat memang merujuk kepada Kiat Motor, bengkel bodi dan finishing mobil di Klaten, Jawa Tengah. Belakangan, nama Kiat dihapus dari bodi mobil sehingga namanya menjadi Esemka saja. Wali Kota Surakarta Joko Widodo atau Jokowi mengakui memang ada penghapusan nama Kiat.

“Sebab, dari awal kami mengajukan perizinan ke instansi terkait sekitar 1,5 tahun lalu, namanya memang Esemka,” katanya kepada wartawan di sela pemberangkatan mobil Esemka ke Jakarta, Jumat, 24 Februari 2012.

Untuk memudahkan proses perizinan, nama Kiat dihapus. Namun, Jokowi berjanji tidak akan meninggalkan Kiat Motor dalam proses produksi mobil Esemka. Sebab, selama ini yang ahli membuat bodi dan finishing adalah Kiat Motor.

“Nanti di produksi berikutnya, bisa saja ada nama Kiat,” ujarnya. Yang terpenting, mobil Esemka lolos uji emisi dan mendapat surat uji tipe dari Kementerian Perhubungan. Lantas, bersiap untuk produksi massal.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park, Gampang Sarwono, mengatakan pada dasarnya merk principle dari mobil tersebut hanya Esemka tanpa embel-embel kata Kiat. “Secara merek, namanya memang Esemka. Bukan Kiat Esemka,” tuturnya.

Ketika dikonfirmasi, Sukiyat mengaku rela nama Kiat dihapus. Meski demikian, dia menyesalkan penghapusan tersebut mengingat selama ini dia sudah bekerja sama dalam perakitan dan pengembangan mobil Esemka. “Tapi kalau akhirnya nama Kiat dihilangkan, ya sudah. Tidak apa-apa,” katanya.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita lain:Pagi Ini, Roy Suryo Nyetir Esemka Solo-JakartaRoy Suryo Ikut Rombongan EsemkaEsemka akan Istirahat Tiap 100 KilometerEsemka Dibawa ke Jakarta Pagi IniUji Emisi Mobil Esemka Pada 27 FebruariMobil Esemka akan Jalani Uji Emisi ke Tangerang

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi