Esemka Diuji Delapan Jam  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 27 Februari 2012 10:27 WIB
Mobil Esemka Rajawali melintas di Alas Roban, Batang, Semarang,saat perjalanan dari Solo menuju Jakarta, Jumat (24/2). Mobil tersebut akan menuju Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten untuk melakukan uji emisi. Tempo/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Jakarta - Proses uji emisi mobil Esemka, Senin, 27 Februari 2012, selesai dalam waktu delapan jam. Pengujian juga harus dihadiri perwakilan dari Kementerian Perhubungan Darat.

Hal itu dikatakan Anis Sukmono, petugas engineering dari Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong. "Untuk mobil produk baru memang lebih lama pengujiannya," katanya.

Menurut Anis, pengujian akan dilakukan saat mesin dalam kondisi dingin. Mereka juga akan menguji saat mesin sudah panas atau hot start.

Selain itu, pengujian harus dihadiri tiga pejabat yang akan mengesahkan. "Dua dari balai dan satu pejabat dari Kementerian," kata Anis. Proses pengujian bisa memakan waktu enam hingga delapan jam.

Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo berharap pengujian itu bisa selesai dalam satu hari. "Lebih cepat lebih baik," katanya.

Esemka itu merupakan mobil buatan siswa SMK 2 Surakarta. Kendaraan ini sempat mencuri perhatian setelah Wali Kota Solo Joko Widodo menggunakannya sebagai kendaraan dinas. Tak tanggung-tanggung, sejumlah pejabat negara seperti Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie juga membeli kendaraan ini.

AHMAD RAFIQ

Berita Terkait:Dahlan Iskan Doakan Esemka Lolos Uji Emisi Jokowi Yakin Esemka Lolos Uji Emisi Roy Suryo Yakin Esemka Lolos Uji Emisi Tiba di Jakarta, Esemka Siap Jalani Uji Emisi Ini Konsumsi BBM Esemka Uji Emisi Hari Ini, Esemka Bukan Odong-odong

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi