Usai Uji Esemka, Wakil Wali Kota Solo Cukur Gundul
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 28 Februari 2012 15:18 WIB
Wakil Wali Kota Surakarta FX HAdi Rudyatmo mencukur gundul rambutnya setelah berhasil membawa mobil Esemka ke Tangerang. TEMPO/Ahmad Rafiq

TEMPO.CO, Surakarta - Ada yang baru dari penampilan Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo, Selasa, 28 Februari 2012. Pria yang sering disapa Rudy tersebut tiba-tiba memotong habis rambutnya. Hal tersebut dilakukan di Solo Technopark beberapa saat setelah kedatangannya dari Tangerang membawa mobil Esemka.

Rupanya, Rudy telah mengontak pihak Solo Technopark untuk mendatangkan tukang cukur dalam upacara penyambutan mobil Esemka. Usai upacara penyambutan, Rudy mengambil sebuah kursi dan duduk tepat di depan pintu masuk Solo Technopark.

Peralatan untuk mencukur rambut disiapkan. Pemotongan rambut dilakukan oleh Kepala Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surakarta, YF Sukasno. Setelah itu, cukuran di pangkal rambut itu dirapikan oleh tukang pangkas rambut. Tak pelak, potongan gundul pelontos itu membuat kumis tebal Rudy menjadi terlihat lebih menonjol.

Bukan hanya Rudy, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta, Rachmad Sutomo, juga melakukan hal yang sama. Dia membabat habis rambutnya disaksikan para tamu serta pelajar yang menyambut kedatangan Esemka usai menjalani uji emisi tersebut.

Menurut Rudy, potong gundul tersebut telah diniatkan sebelum dirinya berangkat ke Jakarta. “Ini sudah kaul (nazar) saya,” kata Rudy. Dia sudah berjanji akan cukur gundul jika Esemka berhasil melintas ribuan kilometer dan menjalani uji emisi.

Mobil Esemka rakitan pelajar dari Surakarta itu diberangkatkan ke Tangerang sejak Jumat pekan lalu. Di Tangerang, mobil itu menjalani uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi yang berada di Serpong.

Meski demikian, hasil dari uji emisi tersebut hingga saat ini masih belum diketahui. “Kami menunggu hasilnya dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,” kata Rudy. Dia berharap, hasil uji emisi tersebut bisa keluar dalam waktu cepat.

Ketua DPRD Kota Surakarta, YF Sukasno, optimistis Esemka akan lulus dalam uji emisi. Dia berharap sertifikatnya bisa segera diterbitkan. “Jika sudah terbit, Esemka bisa segera diproduksi secara missal,” katanya.

AHMAD RAFIQ

Berita lain:Surakarta Siapkan Penyambutan EsemkaEsemka Selesai Uji Emisi, Hasilnya Tunggu AnalisisEsemka Diuji Delapan JamBegini Proses Uji Emisi EsemkaDahlan Iskan Doakan Esemka Lolos Uji EmisiJokowi Yakin Esemka Lolos Uji EmisiRoy Suryo Yakin Esemka Lolos Uji Emisi  

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi