Sukiat Kaget, Mobil Esemka Gagal Uji Emisi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 1 Maret 2012 16:18 WIB
Sejumlah siswa SMK 2 Kendal mengamati Mobil Esemka Rajawali saat transit tersebut dalam perjalanan dari Solo menuju Jakarta, Jumat (24/2). Mobil tersebut akan menuju Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten untuk melakukan uji emisi. Tempo/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta - Salah seorang yang berperan penting terhadap kelahiran mobil Esemka, Sukiat, mengaku terkejut dengan hasil uji emisi yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan. Dia yakin kualitas mesin mobil Esemka tidak kalah dengan mobil kelas low end dari pabrikan terkenal.

“Saya tahu betul seperti apa mesin Esemka,” kata Sukiat saat dihubungi, Kamis 1 Maret 2012. Dia yakin seharusnya mobil itu bisa lulus dalam uji emisi yang dilakukan di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong.

Dia justru menduga kegagalan Esemka dalam uji emisi itu dipengaruhi faktor lain. “Esemka berhadapan dengan industri raksasa otomotif,” kata Sukiat. Hanya, dia enggan menyebutkan dugaannya secara terperinci.

Sukiat menyebut bahwa selama puluhan tahun Indonesia telah menjadi pasar produk mobil dari produsen luar negeri. “Kita dijajah Jepang selama 3,5 tahun. Tapi dijajah mobilnya selama puluhan tahun,” katanya. Dia sangat berharap terhadap lahirnya produk otomotif dalam negeri.

Meski demikian, dirinya mengaku tidak akan menyerah. “Saya akan terus membantu pelajar untuk mewujudkan impian itu,” kata Sukiat.

AHMAD RAFIQ

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi