Pangkas Harga, VW Sukses Salip Kia di AS  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 4 Mei 2012 12:35 WIB
autoguide.com

TEMPO.CO, New York - Volkswagen menyalip Kia di pasar di Amerika Serikat bulan lalu. VW tercatat merebut pangsa pasar 4,2 persen dari pasar utama pada bulan April untuk pertama kalinya, kemudian diikuti Kia dengan 4 persen di posisi berikutnya.

Untuk bersaing dengan kendaraan menengah Kia K5 (dijual sebagai Optima di AS) dan Hyundai Sonata, Volkswagen memangkas harga Passat senilai US$ 7.000 hingga US$ 19.995. Mobil K5 membanderol harga sedikit lebih tinggi, yakni US$ 21.000, sedangkan Sonata US$ 20.895.

Kia telah membukukan pertumbuhan penjualan yang besar di Amerika, tetapi belum mampu bersaing dengan merek lain. Produsen Korea ini harus mengalahkan trio produsen mobil Amerika, yakni General Motor, Ford, dan Chrysler, serta tiga raksasa otomotif Jepang, seperti Toyota, Honda, dan Nissan bila ingin menguasai pasar otomotif Amerika. Sekarang, Kia harus memperhitungkan Volkswagen juga.

Volkswagen belum populer di pasar Amerika meskipun pernah mengalahkan penjualan Toyota tahun lalu. VW pernah menguasai tujuh persen pasar mobil Amerika ketika menjual Beetle pada era 1950-an. VW menarik diri dari pasar Amerika di pertengahan 1980-an karena tidak bisa mengikuti kompetisi yang kaku serta mesti menghadapi keluhan kualitas dari para konsumennya.

Volkswagen kembali pada 1988 tetapi tidak berhasil merebut hati konsumen di Negeri Abang Sam tersebut. Produsen otomotif ini melakukan terobosan dengan mendirikan pabrik di Chattanooga, Tennessee, musim gugur tahun lalu. Sejak itu, VW mampu memproduksi 150 ribu kendaraan per tahun. VW juga mulai memproduksi mobil sesuai dengan selera konsumen Amerika, termasuk versi Passat dengan ruang interior lebih besar.

Strategi potong harga pada Passat juga mampu mendongkrak penjualan lebih dari 10.000 unit per bulan, kontras dengan kinerja loyo tahun lalu. Volkswagen dan Kia sama-sama berencana untuk menjual 500.000 kendaraan di AS tahun ini.

TRIP B | CHOSUN ILBO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi