Pemerintah Minta Dealer Angkut Pemudik Bikers  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 10 Juli 2012 14:31 WIB
Pemudik melintas di Jalur Indramayu, Jawa Barat, Senin (5/9). Pada Puncak Arus Balik lebaran tahun ini terjadi kemacetan hampir di semua kota sehingga waktu tempuh menuju Jakarta hampir 2 kali lipat dibanding waktu normal. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

TEMPO.CO, Jakarta - Untuk mengantisipasi kecelakaan dalam arus mudik Lebaran tahun ini, Kementerian Perhubungan akan menyediakan angkutan gratis untuk sepeda motor dan penumpangnya. Menurut Menteri Perhubungan, Evert Erenst Mangindaan, pihaknya akan menggandeng pabrikan dan pemasar sepeda motor dalam menyediakan sarana transportasi gratis ini.

"Kami sudah menyepakati hal ini, di antaranya dengan Honda dan Yamaha," kata dia usai rapat koordinasi di kantor Kementerian Perekonomian, Selasa, 10 Juli 2012.

Kementerian Perhubungan, menurut Mangindaan, kini tengah mendata populasi sepeda motor pemudik yang akan diangkut. Selain membawa sepeda motor dengan truk atau kereta, ia juga menyatakan ada skenario lain, yakni mengangkut para pemudik ini dengan kapal. Kegiatan mudik aman ini mulai dilakukan tiga hari sebelum Lebaran.

"Kami bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk mengangkut sepeda motor rute Jakarta-Surabaya dan sebaliknya," kata dia.

Untuk pemudik biasa, dia menuturkan, pemerintah akan menyelenggarakan angkutan bus gratis. Dalam rapat koordinasi terakhir, kata dia, banyak instansi dan perusahaan milik pemerintah yang bersedia menyiapkan angkutan ini di antaranya Asuransi Jasa Raharja.

"Jasa Raharja menyiapkan ratusan bus. Semoga bisa mengatasi lonjakan pemudik," ucapnya.

ANGGA SUKMA WIJAYA

#Puasa-Lebaran 2013

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi