Agya Dirilis, Ini Harga dan Segmen Pasarnya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Senin, 9 September 2013 17:22 WIB
Executive Vice President Toyota Motor Corporation Yukitoshi Funo (kiri), Menteri Perdagangan Gita Wirjawan (2kiri), Dirut Astra International, Prijono Sugiarto (3kiri) pada pengumuman kolaborasi Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla di Jakarta, Rabu (19/9). TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil murah ramah lingkungan milik Toyota, Astra Toyota Agya, akhirnya diluncurkan. Mobil yang masuk kategori low cost green car (LCGC) ini diyakini akan membangun segmen mobil baru pada masyarakat Indonesia dalam jumlah yang cukup besar.

"Segmen mobil ini cukup besar. Agya berbeda dengan compact car lain karena dari segi harga murah dan irit bahan bakar. Selama ini compact car kan tidak murah dan tidak seirit ini. Jadi, segmen baru akan terbentuk dan dalam skala besar karena kehadiran Agya," kata Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, saat peluncuran Agya di Jakarta, Senin, 9 September 2013.

Johnny menilai segmen baru yang akan terbentuk adalah segmen pasar compact car di mana konsumennya adalah masyarakat kelas menengah yang biasanya menggunakan motor atau biasanya membeli mobil bekas. Dengan harga Agya yang mencapai Rp 99 juta-Rp 120 juta, maka masyarakat yang biasanya membeli mobil bekas atau membeli motor akan beralih pada compact car. Selain alasan harga, Johnny menilai, alasan kenyamanan serta spesifikasi mobil yang sesuai untuk kota seperti Jakarta akan menjadi alasan masyarakat membeli Agya.

"Segmen pasar baru yang akan terbentuk adalah new entry. Isinya pemilik motor, eksekutif muda yang dulunya hanya mampu membeli mobil bekas sekarang akan membeli mobil ini. Pasarnya bisa meledak. Jika pasar motor saja setahun bisa 7 juta, masa 1 persen saja tidak bisa," katanya.

TAM menargetkan Agya bisa terjual sebanyak 15 ribu unit hingga akhir tahun ini. Johnny enggan menetapkan target per bulan karena produksi masih bertahap. Dan grafik produksi serta penjualan akan meningkat bertahap. "Yang terpenting, sampai akhir tahun kami targetkan 15 ribu unit," katanya.

Direktur Penjualan Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, mengatakan Agya tentunya akan memberikan kontribusi pada penjualan Toyota. Dengan target penjualan Agya sebesar 15 ribu hingga akhir tahun, Rahmat memperkirakan kontribusi Agya pada tahun ini akan mencapai 10 persen dari total penjualan Toyota. "Peluangnya besar, kontribusi bisa mencapai 10 persen dari total penjualan," katanya.

Toyota menyatakan peluncuran Agya akan menyebabkan pergeseran pada penjualan produk Toyota. Namun, dia yakin Agya tidak akan menggeser Avanza karena pasar dan segmentasi yang berbeda. TAM yakin bahwa pasar dan penjualan Avanza tetap akan meningkat dan tidak tergantikan oleh Agya.

Agya untuk tipe medium grade (E) manual dijual dengan harga Rp 99.900.000, sementara medium grade automatic dijual dengan harga Rp 110.250.000. Tipe high grade manual dibanderol dengan harga Rp 106 juta, sementara versi automatic dijual dengan harga Rp 116 juta. Untuk TRD Sport Manual, harga mencapai Rp 111.150.000, sedangkan versi automatic dijual dengan harga Rp 120.750.000,-

ANANDA TERESIA

Berita Menarik Lain:Mobil Murah Ayla Ditargetkan Terjual 3.000/bulanToyota Tarik 369 Ribu Kendaraan di DuniaCrossover Infiniti dan Mercedes Bakal Satu Pabrik

#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi