Februari, 3.000 Unit Mobilio Dikirim ke Konsumen
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Minggu, 9 Februari 2014 10:40 WIB
Wakil Presiden Boediono melihat mobil terbaru Honda yaitu Honda Mobilio di pembukaan pameran Indonesia International Motor Show di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, (19/9). TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Yogyakarta- Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan Honda Mobilio mobil low multi purpose vehicle (MPV) keluaran Honda hingga akhir Januari 2014 sudah dipesan masyarakat sebanyak 10.500 unit. Ia mengatakan pada Januari lalu, sebanyak 500 unit telah dikirim Honda kepada konsumen.

"Februari ini akan ada 3.000 mobil yang dikirim ke konsumen," kata Jonfis di lobby hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Rabu lalu. Ia mengatakan mobil berkapasitas tujuh penumpang ini sengaja diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. (Baca juga : Test Drive Mobilio : Penantang Baru Minibus Murah)

"Kami lakukan survei, mengenai apa yang diinginkan masyarakat, ukuran lahan parkir mereka, hingga fitur-fitur yang diharapkan."Ia mengatakan Honda Mobilio memiliki tenaga terbesar di kelasnya, namun tetap irit bahan bakar. Mobil ini juga di sematkan beberapa fitur yang tidak disediakan mobil low MPV lainnya seperti rear camera untuk parkir, dual airbag.

Jonfis mengatakan Honda Mobilio sengaja didesain dengan ground clearance yang tinggi yaitu 189 milimeter untuk menyesuaian kondisi jalanan yang ada di Indonesia. Mobil yang diklaim memiliki kabin lega ini juga benar terasa ketika Tempo diberi kesempatan menjajal performa Mobil baru ini selama dua hari di kota Yogyakarta. Kabin luas dan nyaman sangat terasa di baris penumpang ke dua dan ke tiga. (Lihat juga : Inden Honda Mobilio Sudah Tembus 10 Ribu)

Ia mengatakan selain menciptakan kendaraan keluarga yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, kualitas Honda tetap di kedepankan namun dengan harga yang terjangkau masyarakat.

Ia menyampaikan pada 2014 ini Honda menargetkan pemasaran mobilio sebanyak 80 ribu unit. Pasar untuk mobil di kelas low MPV masih besar, sehingga Honda memilih untuk bermain di kelas tersebut.

Jonfis mengatakan dengan jaringan layanan purna jual Honda yang kuat, diyakini Mobilio akan mampu menggaet masyarakat. Johnfis mengatakan hingga awal 2014, Honda telah memiliki 93 dealer di seluruh Indonesia. Ia mengaku sebagian besar dealer Honda memang berada di kota-kota besar, namun ia mengatakan sepanjang 2014 Honda akan terus menambah jumlah dealer hingga nantinya berjumlah 110 unit. (Berita terkait : Mobilio Belum Akan Mampu Geser Avanza dan Xenia)

"Tahun 2016 kami targetkan dealer menjadi 150 di seluruh Indonesia," kata Jonfis. Kedepan ia mengatakan persebaran produk keluarga Honda ini akan dilakukan di banyak daerah di Indonesia, meskipun hingga saat ini 40 persen pasar mobil ini masih di kota Jakarta. Ia mengatakan hingga 2014 awal, persebaran mobil Honda Mobilio ini masih didominasi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Ia mengatakan harga kendaraan ini juga akan mengalami kenaikan jika nilai dolar masih terus menguat. "Harga akan naik bertahap 2 hingga 5 persen," kata Jonfis.

MAYA NAWANGWULAN

Terpopuler :Inden Honda Mobilio Sudah Tembus 10 RibuPedal Gas Cacat, Sedan Aston Martin Ditarik  Test Drive Mobilio : Penantang Baru Minibus MurahTahun ini Persaingan Pasar Otomotif Makin SengitPorsi Ekspor LCGC Ditambah hingga 30 Persen

#Otomotif
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi