Inilah Fitur Andalan BMW All New Series 7
Reporter: Tempo.co
Editor: Burhan Sholihin Koran - Red. Ut
Minggu, 11 Oktober 2015 14:40 WIB
BMW memperkenalkan sedan mewah terbarunya, All New BMW 7 Series di Munich, Jerman, 10 Juni 2015. All New BMW 7 Series diklaim sebagai mobil pertama di dunia yang bisa parkir tanpa bantuan pengemudi dan hanya dikendalikan dengan remote control yang juga berfungsi sebagai kunci mobil. autoblog.com

TEMPO.CO, Jakarta -Apa yang diinginkan konsumen dari sebuah sedan mewah? Fitur kenyamanan nan canggih, tenaga mesin ratusan daya kuda, kecepatan tinggi, atau eksterior yang elegan?

Awal bulan ini, giliran BMW Group Indonesia menjawab tantangan tersebut. Kamis lalu, produsen mobil asal Jerman ini meluncurkan sedan All New Seri 7 di Grand Indonesia. Inilah jawaban BMW atas tantangan pesaing pada segmen full-size luxury, yang juga dihuni rekan senegaranya, yakni Audi dan Mercedes-Benz.

All New Seri 7 adalah generasi ketujuh dari model sedan paling luks yang dipasarkan BMW sejak 1979. Di Indonesia, All New Seri 7 merupakan model kesembilan yang diluncurkan BMW sepanjang tahun ini. Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Karen Lim, mengatakan sensasi kemewahan All New Seri 7 tercipta dari kombinasi kenyamanan dan desain yang dinamis. "Inilah sedan mewah andalan yang akan berperan penting dalam kesuksesan BMW di Indonesia." katanya.

Soal kemewahan, Senior Vice President BMW Group Design, Adryan van Hooydonkpunya penjelasan sendiri. Menurut Adryan, kemewahan di zaman modern berakar pada teknologi paling mutakhir serta perhatian pada setiap detail. Apa contohnya? Mari kita lihat satu per satu.

Fitur yang paling unik adalah BMW Touch Command, sebuah komputer tablet berukuran 7 inci. Tablet ini bisa diletakkan pada konsol tengah jok penumpang belakang serta dibawa ke luar mobil. Dengan perangkat ini, penumpang bisa mengoperasikan seluruh fitur kenyamanan BMW All New Seri 7. "Perangkat ini bahkan bisa terkoneksi dengan jaringan Internet," kata Product Planning Manager BMW Group Indonesia, Dennis A. Kadaruskan.

Dennis pun memperagakan pengaturan kursi, pencahayaan interior, serta menyalakan AC dan sistem navigasi melalui BMW Touch Command. Bagi pengemudi, ada monitor dengan sistem operasi iDrive, yang dilengkapi dengan teknologi gesture control dan touch display. Untuk mengendalikan perangkat audio, telepon, dan fungsi-fungsi lainnya, pengemudi atau penumpang di kursi depan cukup menggerakkan tangan yang terdeteksi melalui sensor tiga dimensi.

Ada juga fitur Display Key, kunci canggih yang bisa menampilkan berbagai informasi, seperti isi tangki bahan bakar, status sistem penguncian sentral, jendela dan atap kaca, serta kontrol AC. Display key ini dapat digunakan dalam jarak 300 meter dari kendaraan.

Soal eksterior, BMW juga tak main-main. Struktur bodi All New Seri 7 memakai serat karbon yang dikombinasikan dengan baja dan aluminium. Menurut Dennis, penggunaan karbon membuat bobot mobil 130 kilogram lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. Meski ringan, kadar karbon diklaim lebih kuat dibanding material lain.

Untuk urusan performa, All New BMW Seri 7 memakai mesin 3.000 cc in-line enam silinder dan transmisi steptronic delapan percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga 326 daya kuda dengan torsi puncak 450 newton-meter dan putaran 1.300 rotasi per menit. Konsumsi bahan bakarnya 15,2 kilometer per liter, lumayan irit buat ukuran sedan mewah. Untuk melesat dari 0-100 kilometer per jam, All New BMW Seri 7 cuma perlu waktu 5,6 detik. Kecepatan bisa dipacu hingga 250 kilometer per jam.

Di Indonesia, All New Seri 7 meluncur dalam dua varian, yakni 740Li Executive, yang dibanderol Rp 2,089 miliar, dan BMW 740Li Pure Excellence, yang dibanderol Rp 2,499 miliar (off the road). Dengan fitur dan harga tersebut, BMW menghadapi pesaing kuat, antara lain Mercedes-Benz Seri S dan Audi A8L.

Audi A8L, yang diluncurkan PT Garuda Mataram Motor tahun lalu, dijual Rp 2,45 miliar untuk versi standar dan Rp 2,75 miliar untuk versi Luxury (on the road Jakarta). Pada bagian interior, sedan ini dilengkapi dengan kursi sandaran plus pijakan kaki, sistem hiburan yang terintegrasi dengan kursi belakang, hingga kulkas untuk penumpang. Sistem audionya dipasok Bang & Olufsen Advance Sound System dengan 19 speaker & subwoofer pada varian Luxury.

Dengan mesin V6 3.000 cc TFSI supercharger, Audi A8L bertenaga 310 daya kuda dengan torsi 440 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam 5,9 detik. Dibanding All New BMW Seri 7, konsumsi bahan bakar Audi sedikit lebih boros, yakni 12,6 km/liter.

Adapun Mercedes punya rentang varian yang lebih lebar. Tahun lalu, produsen berlogo bintang ini meluncurkan sedan S 500 L dengan harga Rp 3,8 miliar. Fitur canggihnya antara lain dua layar plus wireless headphone pada bagian penumpang yang terhubung dengan DVD, Internet, televisi, dan video game. Fitur unik lainnya adalah Air-Balance, yang memungkinkan penumpang memilih parfum sesuai dengan suasana hati. Parfum ini mampu membunuh virus, bakteri, dan spora pada kabin. Mercy S 500 L dibekali mesin V8 twin turbo 4.663 cc bertenaga 455 daya kuda dan torsi 700 Nm.

Dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Agustus lalu, Mercedes meluncurkan Maybach S Class dan New AMG GT S dengan harga masing-masing Rp 5,3 miliar dan Rp 4,67 miliar (off-the-road).

FERY F | HUSSEIN ABRI YUSUF


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi